Wajib Tahu, Ini Digital Skill yang Penting dimiliki di Era Industri 4.0

Yunike Purnama - Sabtu, 04 Desember 2021 07:47
Wajib Tahu, Ini Digital Skill yang Penting dimiliki di Era Industri 4.0Setidaknya ada lima digital skill yang harus dimiliki setiap orang di era industri 4.0 (sumber: Pixabay)

BANDARLAMPUNG – Tidak bisa dipungkiri lagi Internet sudah menjadi kebutuhan semua orang. Ini didukung dengan adanya berbagai macam gadget yang memudahkan seorang terkoneksi dengan internet.

Menurut data terbaru, ada sekitar 27 juta pengguna Internet baru. Bahkan, 170 juta pengguna aktif berbagai platform media sosial. Jika dilihat secara spesifik, 8 jam lebih setiap hari rata-rata akses Internet harian.

Lead Creative dan Marketing Strategy, Gebryn Benjamin, mengatakan ada sejumlah digital skill yang dibutuhkan.

“Jadi digital skill sendiri itu kemampuan memanfaatkan, mencari, menciptakan konten yang berbasis teknologi informasi dan internet,” kata Gebryn.

Lebih lanjut ia menjelaskan, setidaknya ada lima digital skill yang harus dimiliki setiap orang di era internet, yakni mulai dari Digital Marketing hingga menjadi content creator. Berikut ini penjelasannya:

Digital Marketing

Mampu memasarkan konten digital untuk kepentingan promosi, konversi ataupun

UI/UX Design

Merancang desain tampilan situs atau aplikasi sebagai aset atau alat pemasaran

Software Engineering

Menganalisa, mengubah, dan membuat software untuk dikembangkan demi kemajuan perusahaan

Data Analytic

Kemampuan menganalisa kumpulan data untuk memperoleh ket dan intisari informasi dari pasar maupun kinerja perusahaan

Content Creator

Menciptakan beragam jenis konten seperti tulisan, image, audio, video, motion, dan sebagainya untuk dapat digunakan oleh Digital Marketing, Social Media Spesialist, U UI/UX Design, dll.

Gebryn juga mengatakan bahwa jika melihat lanskap pekerjaan, profesi yang berkaitan dengan kemampuan digital cenderung lebih banyak dicari saat ini. Adapun kemampuan lain yang juga mesti dimiliki ialah, content dan copy wrting.

“Jadi content writing itu kemampuan untuk menganalisa, membuat konten visual dan membuat tulisan yang menarik minat target konsumen,” kata dia.

Kemudian wawasan dan kemampuan yang penting untuk dimiliki juga terkait market place. Gebryn mengatakan bahwa penting memiliki wawasan & pengetahuan berbagai platform Market Place populer untuk kepentingan penjualan / konversi.(*)

Editor: Yunike Purnama
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS