Waduh! WhatsApp Tidak Lagi Berfungsi pada Versi Android Lama Berikut Ini

Yunike Purnama - Rabu, 25 Oktober 2023 05:55
Waduh! WhatsApp Tidak Lagi Berfungsi pada Versi Android Lama Berikut Ini Jika Anda memiliki ponsel Android versi lama, maka Anda perlu bersiap-siap. Mulai hari ini, aplikasi perpesanan populer tersebut tidak lagi bisa digunakan untuk mengirim pesan jika perangkat Anda menggunakan versi Android yang lebih awal dari 5.0 Lollipop, seperti yang telah WhatsApp peringatkan selama beberapa waktu (sumber: Ist)

BANDARLAMPUNG - Jika Anda memiliki ponsel Android versi lama, maka Anda perlu bersiap-siap. Mulai hari ini, aplikasi perpesanan populer tersebut tidak lagi bisa digunakan untuk mengirim pesan jika perangkat Anda menggunakan versi Android yang lebih awal dari 5.0 Lollipop, seperti yang telah WhatsApp peringatkan selama beberapa waktu.

WhatsApp Tidak Akan Mendukung Versi Android yang Kedaluwarsa

WhatsApp tampaknya telah berhenti mendukung ponsel versi Android lama seperti Jelly Bean dan KitKat. Jika Anda masih bergantung pada sistem operasi yang sudah lama ini, maka ada baiknya Anda harus bersiap-siap untuk mendapatkan perangkat yang lebih baru.

Aplikasi WhatsApp diketahui juga telah mengirimkan pemberitahuan tentang pihaknya yang memberhentikan dukungan kepada versi Android lama selama beberapa waktu. Hingga kemarin, WhatsApp masih kompatibel dengan Android 4.1 dan yang lebih baru, tapi hal itu akan berubah mulai hari ini.

Mulai sekarang, Anda memerlukan ponsel setidaknya Android 5.0 agar bisa terus mengobrol dengan teman-teman Anda di WhatsApp. Itu artinya, ponsel yang menggunakan sistem operasi Android Jelly Bean 4.1 dan KitKat 4.4 tidak lagi didukung untuk terus menggunakan WhatsApp.

Sebagai gambaran, Android Jelly Bean 4.1 sebetulnya telah muncul lebih dari satu dekade yang lalu pada tahun 2012. Sedangkan versi terbaru KitKat, 4.4.4 terakhir kali terlihat pada tanggal 7 Juli 2014. Sistem operasi Android ini sudah termasuk kuno dengan kurang dari 1% ponsel Android yang aktif masih menggunakannya sampai sekarang.

Jika Anda salah satu dari sedikit orang yang masih menggunakan WhatsApp di ponsel Android 4.1 atau 4.4, Anda mungkin menerima pesan peringatan bahwa WhatsApp Anda mungkin tidak akan bisa digunakan lagi di ponsel Anda tersebut. Bahkan, bisa jadi WhatsApp tidak dapat dibuka lagi dan hanya dapat menampilkan pesan dengan tombol untuk info lebih lanjut.

Anda mungkin bisa mengakalinya dengan mencoba mengubah pengaturan tanggal ponsel Anda. Akan tetapi, hal itu hanyalah perbaikan sementara dan dapat berfungsi jika Anda mengaktifkan airplane mode atau mode pesawat sehingga membuat Anda tidak dapat mengobrol dengan siapapun melalui WhatsApp.

Singkatnya, Anda hanya memiliki waktu sedikit untuk memindahkan data WhatsApp Anda ke perangkat Android yang lebih baru yang menjalankan Android 5.0 atau yang lebih baru. Mengingat Google bahkan juga turut menghentikan dukungan untuk layanan Google Play di KitKat, pilihan terbaik Anda adalah dengan mentransfer obrolan Anda secara langsung, tanpa bergantung pada Google Drive. Oleh karena itu, hindari menunda backup file WhatsApp dan pindahkan ke ponsel Android yang lebih baru.(*)

Editor: Redaksi
Tags versi lamawhatsappBagikan
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS