Verifikasi Identitas, Google Segera Berlakukan Tanda Centang Biru

Yunike Purnama - Senin, 08 Mei 2023 08:49
Verifikasi Identitas, Google Segera Berlakukan Tanda Centang BiruGoogle dikabarkan akan mulai menampilkan tanda centang biru di sebelah nama pengirim yang terpilih di Gmail untuk memverifikasi identitas mereka. (sumber: Google )

AS - Tidak hanya Twitter, Google dikabarkan akan mulai menampilkan tanda centang biru di sebelah nama pengirim yang terpilih di Gmail untuk memverifikasi identitas mereka. Tanda centang biru baru ini akan secara otomatis muncul pada perusahaan yang telah menggunakan fitur Brand Indicators for Message Identification (BIMI) Gmail yang sudah ada.

Sebetulnya, fitur BIMI ini sudah diluncurkan pada tahun 2019 yang mengharuskan pengirim untuk menggunakan autentikasi yang kuat dan melakukan verifikasi logo merek mereka untuk menampilkan logo merek sebagai avatar di email.

Pengguna sekarang juga akan melihat ikon tanda centang untuk pengirim yang telah menggunakan fitur BIMI Google mengatakan bahwa pembaruan ini akan membantu pengguna mengidentifikasi pesan dari pengirim yang sah dan mencegah terjebak penipuan.

Setelah Anda mengarahkan kursor ke tanda centang biru di sebelah nama pengirim, Anda akan melihat keterangan yang mengatakan "the sender of this email has verified" bahwa mereka memiliki domain dan logo di gambar profil.

Adanya otentikasi email yang kuat akan membantu pengguna dan sistem keamanan email untuk mengidentifikasi dan menghentikan spam. Fitur tersebut diketahui juga dapat meningkatkan kepercayaan merek dari pengirim.

Tentu saja, tanda centang verifikasi bukan hanya konsep khusus yang dimiliki Twitter, karena YouTube, Pinterest, TikTok, dan banyak platform digital lainnya memiliki beberapa bentuk verifikasi.

Gmail dikabarkan meluncurkan tanda centang biru terverifikasi mulai hari ini di akun Workspace dan akun Google pribadi, jadi pengguna Gmail mungkin akan segera melihatnya.(*)

Editor: Redaksi
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS