Upaya Melatih Kemandirian Anak Melalui Kegiatan Eksperimen Membuat Jus Buah

Eva Pardiana - Kamis, 22 September 2022 16:16
Upaya Melatih Kemandirian Anak Melalui Kegiatan Eksperimen Membuat Jus BuahEksperimen membuat jus buah di TK Dharma Wanita, Kecamatan Trimurjo, Kabupaten Lampung Tengah. (sumber: Mega Merdekawati, S.Pd)

BANDAR LAMPUNG – Metode Eksperimen  adalah satu dari banyak metode mengajar dimana siswa melaksanakan suatu percobaan mengenai sesuatu hal, melihat prosesnya dan menuliskan hasil percobaanya, selanjutnya hasil pengamatan tersebut di sampaikan di kelas dan dievaluasi oleh pendidik. (Roestiyah, 2012:80)

Adapun media yang dapat digunakan untuk pembelajaran kegiatan membuat jus buah ini yaitu menggunakan buah-buahan yang segar seperti semangka, pisang, dan tomat, lalu blender, sendok, gula, gelas, dan stiker.

Dari bahan-bahan tersebut kita dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak dalam mengenal nama, warna, ukuran, tekstur mengenal fungsi dan ciri-ciri lainnya melalui berbagai hasil karya.

Kegiatan ini dapat meningkatkan aspek seni anak, misalnya pada saat anak membuat minuman jus buah. Saat anak memilih jenis buah-buahan yang disukainya, mereka berimajinasi warna apa yang menarik untuk diolah menjadi jus.

Kegiatan ini juga dapat meningkatkan fisik motorik halus anak misalnya dalam menggerakkan jarinya ketika menekan blender, lalu menuangkan minuman jus buah ke dalam gelas, dan mengaduk menggunakan sendok.

Meningkatkan kemampuan bahasa anak dengan bertanya "rasa apa ini?" dan "warna apa ini?". Meningkatkan aspek sosial emosionalnya ketika sabar melakukan kegiatan sehingga mendapat hasil yang bagus dan dapat meningkatkan aspek agamanya dengan mensyukuri apa yang sudah Tuhan berikan dan ciptakan untuk kita gunakan.

Cara eksperimen membuat  jus buah sebagai berikut:

  • Memilih buah-buahan kesukaan anak seperti buah semangka, buah pisang, dan buah tomat.
  • Potong-potong buah yang sudah dipilih dengan menggunakan pisau dan talenan 
    Masukkan buah-buahan ke dalam blender, lalu diberi air secukupnya.
  • Kemudian tekan blender, blender hingga halus.
  • Lalu tuangkan ke dalam gelas, beri gula secukupnya lalu diaduk-aduk hingga rata.

Penulis: Mega Merdekawati, S.Pd
Tenaga Pendidik di TK Dharma Wanita
Kabupaten Lampung Tengah

Tags Artikel KhususBagikan

RELATED NEWS