UMKM Pertamina Catatkan Transaksi Hingga Rp15 Miliar pada Ajang TEI 2023

Yunike Purnama - Rabu, 25 Oktober 2023 05:32
UMKM Pertamina Catatkan Transaksi Hingga Rp15 Miliar pada Ajang TEI 202330 UMKM binaan Pertamina catatkan transaksi hingga Rp15 miliar pada pameran Pameran The Trade Expo Indonesia (TEI) ke-38 Tahun 2023 yang berlangsung 18–22 Oktober 2023 di ICE-BSD, Tangerang. (sumber: Ist)

TANGERANG - 30 UMKM binaan Pertamina catatkan transaksi hingga Rp15 miliar pada pameran Pameran The Trade Expo Indonesia (TEI) ke-38 Tahun 2023 yang berlangsung 18–22 Oktober 2023 di ICE-BSD, Tangerang. 

Mengutip keterangan resmi, VP Corporate Communication Pertamina, Fadjar Djoko Santoso mengungkapkan nilai transaksi UMKM Pertamina di TEI 2023 masih akan terus meningkat karena sejumlah komitmen transaksi masih berproses dan pameran online masih berjalan hingga 18 Desember 2023.

“Kemarin saya baru menyelesaikan izin ekspor, LoI (Letter of Intent) dan dokumen pengiriman barang,” ujar Erna Sari, UMKM Ayam Penyet Bandung yang mendapatkan buyer asal Dubai.

Ajang TEI ini juga menjadi sejarah bagi Ayam Penyet Bandung yang berhasil mendapatkan pesanan sebanyak 16.000 botol sambal dari buyer luar negeri. 

“Negosiasinya alot banget, dari siang sampe sore hari. Beruntung saya didampingi tim dari Pertamina sehingga kendala perhitungan harga dan kendala bahasa tidak masalah,” ujar Erna. 

Selain dari Dubai, Ayam Penyet Bandung juga memperoleh kesepakatan dari pengusaha asal Malaysia untuk membuka cabang usaha di negaranya.

Fandri Christanto, UMKM Bintang Anugrah Krupuk Cassava asal Mojokerto juga memperoleh kesepakatan dari buyer asal Tunisia. 

“Saya sampe berkeringat dingin karena mendapatkan pesanan kerupuk singkong hingga 20 feet dari buyer asal Tunisia,” ujar Fandri.

Fandri mengaku, ini pertama kalinya UMKM miliknya ikut pameran sebesar TEI dan senang karena bisa menjual produknya ke pembeli luar negeri. 

“Saya kaget ternyata di sini banyak buyer datang silih berganti. Kita bisa mengenalkan produk ke pembeli asing, tanpa kita perlu ke luar negeri,” ucap Fandri.

Fadjar menyebutkan kesepakatan-kesepakatan antara UMKM binaan Pertamina dengan buyer luar negeri menunjukkan produk UMKM binaan Pertamina telah siap untuk memasuki pasar ekspor.

TEI 2023 sendiri merupakan panggung UMKM untuk memasarkan produknya pada pasar ekspor. Acara offline yang diadakan di ICE-BSD berhasil menarik lebih dari 29.000 pengunjung, dengan total pembeli asing sebanyak 3.162 orang yang datang dari 114 negara berbeda. TEI 2023 diikuti sebanyak 1.232 usaha sebagai peserta pameran.(*)

Editor: Redaksi
Tags UMKM PertaminaBagikan
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS