UMKM Ingin Go Digital? Ini Tiga Langkah Memulainya

Yunike Purnama - Jumat, 17 September 2021 13:07
UMKM Ingin Go Digital? Ini Tiga Langkah MemulainyaSinergitas Gojek dan Tokopedia disebut-sebut mmpu mendukung digitalisasi UMKM di Indonesia sehingga mampu memperluas jaringan pasarnya. (sumber: GoTo)

BANDARLAMPUNG - Go digital menjadi salah satu cara usaha mikro, kecil, dan menengah alias UMKM untuk bertahan di tengah pandemi Covid-19. Tentu saja untuk go digital, tidak bisa dilakukan sembarangan.

Ada persiapan-persiapan yang harus dilakukan, agar digitalisasi berjalan maksimal dan bisa mendatangkan keuntungan. Chyntia Andarinie, Founder Mom Influencer ID & Unpopulart Creative, mengatakan aspek digitalisasi yang kerap disepelekan adalah digital marketing, alias beriklan digital.

“Padahal digital marketing ini penting untuk meningkatkan awareness terhadap brand kita,” papar Chyntia, dalam webinar Gerakan Nasional Literasi Digital 2021, Jumat (18/9/2021).

Ia menjelaskan, untuk mulai beriklan di digital, ada tiga langkah yang harus dilakukan pelaku UMKM. 

Pertama, adalah menyiapkan aset foto dan tulisan yang akan diunggah. Aset foto yang bagus dapat meningkatkan daya tarik usaha kepada calon pelanggan.

“Foto yang bagus sangat penting. Tapi bukan berarti kita harus mengeluarkan modal besar untuk beli atau menyewa jasa fotografer profesional. Dengan modal smartphone saja, dengan teknik fotografi yang baik, bisa menghasilkan foto produk yang bagus,” tuturnya.

Kedua, adalah rutin mengunggah dan melakukan evaluasi iklan secara berkala. Dengan rutin mengunggah, produk akan terus berada dalam jangkauan calon pelanggan. Sementara evaluasi dilakukan untuk melihat jenis dan kategori iklan seperti apa yang paling banyak menarik pelanggan.

Terakhir dan tidak kalah penting adalah menentukan tempat beriklan yang sesuai dengan jenis usaha. Chyntia menerangkan untuk iklan di digital, pelaku UMKM memiliki tiga pilihan tempat yakni website atau situs, media sosial, dan ecommerce.

“Ketiganya memiliki kekuatan dan kelemahan masing-masing, yang harus dipahami oleh pelaku UMKM,” terangnya.

1. Website

Website merupakan tempat ideal untuk memberikan informasi lengkap tentang produk dan usaha Anda kepada calong pelanggan.

Website juga mudah diakses dengan mudah melalui komputer atau smartphone tanpa perlu memerlukan aplikasi khusus. Namun Chyntia mengatakan biaya pemeliharaan website terbilang mahal. Website juga membutuhkan pemeliharaan dan update secara berkala, yang bisa memakan waktu.

2. Media sosial

Media sosial adalah tempat beriklan dengan jangkauan paling luas. Sebab kekinian, anak-anak hingga orang dewasa pasti menggunakan media sosial.

Biaya beriklan di media sosial pun cukup murah. Anda hanya perlu membuat akun gratis dan mulai mengunggah foto atau video produk dan usaha yang dijual.

“Tapi media sosial harus rutin update konten, lebih sering daripada website, dan harus berinteraksi dengan followers,” papar Chyntia.

3. Ecommerce

Terakhir adalah toko online alias ecommerce. Sama seperti media sosial, membuka toko online pun gratis dan Anda langsung bisa menunggah foto produk yang dijual.

Namun ecommerce membutuhkan aplikasi tambahan untuk bisa berjualan. Anda wajib menginstall aplikasi sepert Tokopedia seller, Grab merchant, dan lain-lain agar keuntungan penjualan bisa diambil penjual.

“Juga sebagai ecommerce meminta potongan biaya jasa dan pemeliharaan karena sudah berjualan dan beriklan di tempat mereka, yang bisa mengurangi keuntungan,” papar Chyntia.(*)

Editor: Yunike Purnama
Tags Digitalisasi UMKMBagikan
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS