Tujuh Cara Mengontrol Pengeluaran Saat Asyik Liburan

Redaksi - Sabtu, 05 Agustus 2023 14:31
Tujuh Cara Mengontrol Pengeluaran Saat Asyik Liburan Liburan adalah salah satu hal menyenangkan yang selalu dinanti-nanti banyak orang. Ketika liburan, Anda bisa istirahat sejenak dari kesibukan sehari-hari. (sumber: Ist)

BANDARLAMPUNG - Liburan adalah salah satu hal menyenangkan yang selalu dinanti-nanti banyak orang. Ketika liburan, Anda bisa istirahat sejenak dari kesibukan sehari-hari.

Tidak hanya itu, Anda juga bisa mengunjungi berbagai destinasi wisata yang informasinya sering dibagikan di media sosial termasuk wisata kulinernya. Akan tetapi, hal itu tentu membutuhkan uang yang tidak sedikit. Jika Anda boros saat liburan, pengeluaran Anda tentu bisa membengkak.

Mengontrol pengeluaran selama liburan adalah cara yang patut dilakukan untuk menjaga stabilitas keuangan Anda.

Berikut beberapa cara yang dapat membantu Anda mengendalikan pengeluaran selama liburan.

1. Buat Anggaran Keuangan

Sebelum memulai perjalanan atau kegiatan saat liburan, buatlah anggaran yang terperinci untuk semua kebutuhan perjalanan, termasuk transportasi, akomodasi, makanan, dan hiburan. Tetapkan batas maksimum untuk masing-masing kategori agar Anda tidak menghabiskan lebih dari yang Anda mampu.

2. Pilih Akomodasi Terjangkau

Cari alternatif akomodasi yang lebih hemat, seperti memilih menginap di hostel, guest house, atau rumah sewa melalui platform pemesanan online. Bandingkan harga dan fasilitas sebelum memutuskan untuk memesan.

3. Cari Promo dan Diskon

Manfaatkan promo dan diskon yang ditawarkan oleh maskapai penerbangan, hotel, restoran, atau tempat wisata. Periksa juga voucher atau aplikasi khusus yang menawarkan penawaran khusus yang memberikan potongan harga untuk perjalanan Anda.

4. Bawa Bekal Sendiri

Jika memungkinkan, bawa bekal makanan atau minuman sendiri saat bepergian atau berwisata. Cara ini bisa Anda lakukan untuk menghemat banyak uang daripada membeli makanan dan minuman di tempat wisata yang biasanya lebih mahal.

5. Rencanakan Aktivitas yang Gratis atau Murah

Cari tahu tentang acara-acara atau tempat wisata yang gratis atau harganya murah di destinasi wisata Anda. Nikmati keindahan alam, taman, atau objek wisata lokal yang tidak memerlukan biaya masuk.

6. Tetapkan Batas Belanja

Tentukan batas harian untuk pengeluaran selama liburan. Pastikan untuk selalu disiplin agar tidak melampaui batas tersebut. Cara ini akan membantu Anda menjaga pengeluaran agar tetap terkontrol.

7. Gunakan Pembayaran Non-Tunai

Saat berlibur Anda bisa mencoba menggunakan kartu debit atau dompet digital daripada membawa banyak uang tunai. Cara ini akan memudahkan Anda untuk melacak pengeluaran dan mengurangi risiko kehilangan uang secara fisik. (*)

Editor: Yunike Purnama

RELATED NEWS