Transformasi SDM, Bank BTPN Kerja Sama dengan Darwinbox

Yunike Purnama - Rabu, 23 Agustus 2023 05:50
Transformasi SDM, Bank BTPN Kerja Sama dengan DarwinboxIlustrasi logo PT Bank BTPN Tbk (sumber: Ist)

JAKARTA – PT Bank BTPN Tbk atau Bank BTPN menjalin kesepatakan dengan perusahaan Human Capital Management Darwinbox. Kerja sama ini akan menciptakan transformasi teknologi dalam sumber daya manusia (SDM) perseroan. 

Head of Human Resources BTPN Mira Fitria dalam keterangan resmi Selasa, 22 Agustus 2023 mengatakan, bermitra dengan Darwinbox bakal memberikan dampak signifikan utamanya dalam segi produkvitas dan kesejahteraan lebih dari 7000 karyawan perseroan. 

"Kami yakin, karyawan kami merupakan faktor utama kesuksesan sebagai lembaga keuangan. Dengan mengadopsi Darwinbox, kami berharap dapat menciptakan lingkungan kerja yang fokus pada pemberdayaan karyawan untuk berkembang mencapai potensi serta meraih kinerja terbaik," ujar Mira dalam siaran pers, dikutip Selasa, 22 Agustus 2023. 

Mira mengatakan, keputusan untuk melakukan transformasi pada sistem informasi sumber daya manusia menjadi berbasis cloud dengan mitra Darwinbox diharapkan dapat mendorong transformasi digital untuk mengembangkan pengalaman kinerja yang positif bagi karyawan.

Sementara itu, Head of Information Technology Bank BTPN Jeny Mustopha mengungkapkan, inisiatif transformasi SDM berbasis digital teknologi sangat penting. Menurutnya, di era disrupsi digital, teknologi memiliki peran kunci dalam meningkatkan efisiensi operasional dan engagement karyawan. 

“Dengan Darwinbox, kami memasuki era baru proses yang lebih efisien, data yang terkonsolidasi dan real-time, serta pengalaman yang dipersonalisasi yang sejalan dengan komitmen kami untuk mendorong pertumbuhan berkelanjutan untuk bank kami,” ujar Jeny.

Jeny menambahkan, kerja sama dengan Darwinbox akan memudahkan Bank BTPN untuk terus berinovasi, terutama dalam integrasi karyawan baru, proses manajemen kinerja, hingga pendekatan pembelajaran berkelanjutan dan sistem survei yang mampu mengukur umpan balik karyawan.

Sementara itu, Co-founder Darwinbox Jayant Paleti mengungkapkan, melalui teknologi yang ada di Darwinbox, ia optimis dapat memberdayakan karyawan di perusahaan. Sehingga dapat berkontribusi pada keberhasilan dan ketangkasan tenaga kerja di Bank BTPN.

“Kami mendefinisikan kembali bagaimana proses HR berkontribusi pada keberhasilan dan ketangkasan tenaga kerjanya. Dengan teknologi dari Darwinbox diharapkan dapat membantu memberdayakan karyawan Bank BTPN dan meningkatkan kesuksesan mereka ke tingkat yang lebih tinggi,” ujar Jayant.

Darwinbox adalah sebuah perusahaan HCM berbasis digital yang telah melayani 850 perusahaan di 116 negara di dunian. Beberapa waktu lalu, perusahaan ini mendapatkan sokongan dari Microsoft bukan dalam bentuk uang, melainkan sebuah ekosistem untuk menunjang pelayanan human capital secara digital. 

Kinerja Bank BTPN Semester I-2023

Pada semester I-2023, pendapatan bunga Bank BTPN tumbuh sebesar 26 persen, sementara pendapatan bunga bersih tercatat di level Rp5,95 triliun, atau naik 4 persen secara tahunan, di tengah kenaikan suku bunga.

Selain itu, Bank BTPN juga mencatatkan kenaikan pendapatan operasional (konsolidasi) sebesar 3 persen secara tahunan. Sedangkan Pre-Provision Operating Profit (PPOP) berada di level Rp3,32 triliun. Dengan, Net Interest Margin (NIM) Bank terjaga di 6.3 persen.

Lalu, dari sisi pertumbuhan kredit yang disalurkan Bank BTPN, segmen Usaha Kecil dan Menengah (UKM) dan syariah tercatat masing-masing meningkat sebesar 18 persen secara tahunan dan 8 persen secara tahunan. Adapun total kredit yang disalurkan per akhir Juni 2023 turun 0,4 persen secara tahunan ke posisi Rp148,71 triliun.

Di samping itu, Bank BTPN senantiasa berkomitmen menjaga kualitas kredit. Rasio gross non-performing loan (NPL) Bank terjaga di 1,39 persen, masih lebih rendah dibanding rata-rata industri yang tercatat sebesar 2,52 persen pada akhir Mei 2023.(*)

Editor: Redaksi
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS