Tips Sederhana Mengajari Anak Menyambut Ramadan

Yunike Purnama - Kamis, 23 Maret 2023 08:54
Tips Sederhana Mengajari Anak Menyambut RamadanUmat muslim di berbagai negara bertemu kembali dengan Bulan Ramadan. Umat muslim termasuk anak-anak juga ikut diajarkan beribadah puasa dan menyambut bulan Ramadan. (sumber: Freepik )

BANDARLAMPUNG - Umat muslim di berbagai negara bertemu kembali dengan Bulan Ramadan. Umat muslim termasuk anak-anak juga ikut diajarkan beribadah puasa dan menyambut bulan Ramadan.

Namun hal ini terkadang menjadi tantangan tersendiri apalagi bagi orang tua yang memiliki balita atau anak-anak. Untuk mencegah anak-anak jadi stres dan kelelahan saat Ramadan, Anda bisa mencoba beberapa tips berikut ini.

Cara Mengajari Anak Menyambut Ramadan

1. Persiapkan makanan

Anak-anak yang belum puasa atau sedang belajar puasa ternyata membuat orang tua perlu menyiapkan makanan lebih banyak daripada bulan biasanya. Anak-anak membutuhkan sarapan dan makan siang sekaligus makanan buka puasa dan sahur.

Anda bisa menyiasatinya dengan membuat makanan mereka sehari sebelumnya saat menyiapkan buka puasa untuk menghindari memasak dua kali sehari.

2. Libatkan anak

Bulan Ramadan adalah waktu yang tepat untuk melibatkan anak-anak Anda. Anda bisa mencoba mengajak mereka salat tarawih atau meminta bantuan mereka saat menyiapkan makanan buka puasa atau sahur dan mendekorasi rumah.

3. Ajari anak tentang sedekah

Bulan Ramadan adalah bulan di mana pahala kebaikan akan dilipatkan. Pada umumnya anak kecil atau balita masih cukup egois.

Inilah saat yang tepat untuk mengajari mereka tentang nilai berbagi dan memberi. Dorong mereka untuk memasukkan uang ke dalam toples atau kotak sumbangan di masjid.

Itu tadi beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengajari anak menyambut Ramadan dengan gembira. Selamat mencoba.(*)

Editor: Redaksi
Tags Ramadan 1442 HBagikan
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS