Tips Memilih Saham di Tengah Banyaknya Laporan Keuangan Emiten

Yunike Purnama - Kamis, 03 November 2022 10:00
Tips Memilih Saham di Tengah Banyaknya Laporan Keuangan EmitenIlustrasi pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG). (sumber: Ismail Pohan/TrenAsia)

BANDAR LAMPUNG - Analis menilai saat memilih saham di tengah laporan keuangan kuartal III 2022, investor bisa mencermati saham-saham yang masih memiliki potensi pertumbuhan yang baik.

Analis Kiwoom Sekuritas, Abdul Azis menuturkan, dalam memilih saham di tengah laporan keuangan, bisa mencermati saham-saham yang masih memiliki potensi pertumbuhan baik dari pendapatan maupun labanya dengan memperhatikan bagaimana industrinya.

Seperti saham-saham sektor konsumer dengan turunnya harga gandum bisa menjadi katalis positif bagi kinerja emiten perseroan, atau sektor otomotif yang masih berpotensi mencatatkan kinerja positif dengan masih tingginya data penjualan mobil,” kata Abdul dikutip Kamis, 3 November 2022.

Untuk rekomendasi, Abdul memilih saham antara lain, PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk (ICBP) dan PT Astra International Tbk (ASII).

“Rekomendasi trading buy untuk ICBP dan ASII dengan potensi upside 5 -10 persen,” kata dia.

Sementara itu, Research Analyst Henan Putihrai Sekuritas, Jono Syafei mengatakan, dalam memilih saham yang menarik untuk dicermati bisa dilihat dari kinerjanya dan juga faktor makro ekonomi yang akan memberikan pengaruh bagi sektor tersebut.

"Memilih saham yang menarik untuk dicermati, selain dengan melihat kinerjanya, juga bisa melihat faktor makro ekonomi yang akan mempengaruhi,” kata Jono.

Dia menuturkan, misalnya dalam kondisi inflasi dan suku bunga tinggi, investor bisa mencari saham emiten perbankan, atau emiten yang produknya mayoritas ekspor sehingga tetap kuat di tengah pelemahan nilai tukar rupiah. (*)

Editor: Redaksi
Bagikan
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS