Tips Desain Kamar Mandi Kecil Tapi Tetap Nyaman

Yunike Purnama - Selasa, 25 Agustus 2020 13:21
Tips Desain Kamar Mandi Kecil Tapi Tetap NyamanIde desain kamar mandi kecil agar tetap nyaman. (sumber: Pinterest)

Kabarsiger.com, Bandar Lampung - Desain kamar mandi minimalis dalam kamar tidur banyak diterapkan karena lebih privat dan praktis. Kamar mandi kecil di dalam kamar ini juga banyak diaplikasikan pada kamar kos.

Karena luas kamar tidur kebanyakan tidak cukup besar, desain kamar mandi ukuran 2×1 meter lebih direkomendasikan. Kalaupun tidak memungkinkan, ada juga yang membuat desain kamar mandi berukuran 1×1.

Meski ukuran kamar mandinya tidak luas, bukan berarti tidak bisa dibuat nyaman. Justru karena ukurannya kecil, kamu jadi lebih mudah menatanya. Selama penataannya tepat, kamar mandi kecil tidak akan terasa sumpek dan pengap.

Kamar mandi kecil tidak harus didesain sederhana dan murah, kamu pun bisa menerapkan desain kamar mandi kecil yang mewah loh! Berikut beberapa referensi penataan kamar mandi kecil yang Kabar Siger rangkum dari Hipwee.

1. Gunakan Tembok dan Keramik Berwarna Netral

Kamu bisa mencoba beberapa warna netral seperti putih, krem, atau abu-abu untuk cat dindingnya. Lalu gunakan warna senada untuk perabot kamar mandi sebagai pendukungnya. Selain membuat ruangan terlihat lebih luas, warna netral juga akan membuat kamar mandi kecil lebih terang meski tak memiliki jendela.

2. Pasang Cermin untuk Memberi Ilusi Lapang

Tak cuma dipakai pada desain kamar mandi kecil modern saja, cermin juga dapat digunakan untuk kamar mandi sederhana. Sekalipun ukurannya tidak besar, cermin bisa membuat kamar mandimu kelihatan lebih lapang berkat pantulan ruang di sebelah sisinya.

3. Maksimalkan Fungsi Dinding

Daripada cuma dipasang keramik hiasan saja, manfaatkan dinding untuk menempel rak. Nantinya, rak ini dapat dimanfaatkan untuk menaruh peralatan mandi seperti sabun dan juga handuk. Jauh lebih efisien daripada pakai rak lantai.

4. Buat Desain Minimalis Modern Tanpa Sekat

Keberadaan sekat atau shower screen justru bisa membuat kamar mandi semakin sempit. Daripada pakai sekat, lebih baik beri cekung atau jarak beda di lantai dindingnya. Kalau mau lebih estetis, pilihlah lapisan keramik dinding yang bertekstur.

5. Gunakan Shower, Bukan Bak Mandi

Jangan gunakan bak atau bath tub pada kamar mandimu yang kecil, sebab bisa membuat ruangan terkesan lebih sumpek. Daripada menaruh bak atau bath tub, mending gunakan sisa area untuk menaruh perkakas di rak dinding saja.

6. Gunakan Perabot dengan Material Simpel tapi Menarik

Tidak harus marmer atau batuan mahal, cukup gunakan perabot bermaterial kayu atau beton saja untuk memberi tekstur dan warna di kamar mandi kecilmu. Karena dindingnya berwarna netral, material perabot ini akan menambah daya tarik dan membuat kamar mandi minimalis tak kelihatan membosankan.

7. Kamar Mandi Kecil Kloset Jongkok

Desain kamar mandi kecil kloset jongkok ini memang kelihatan sederhana, tapi bukan berarti tidak nyaman. Area buang air dan mandi yang dipisahkan dengan lantai bertingkat seperti ini akan membuatmu lebih nyaman saat menggunakannya. Tapi baiknya, ukuran bak jangan terlalu besar supaya tidak makan tempat.

Mendesain kamar mandi kecil memang tricky, tapi bukan berarti enggak bisa diutak-atik atau didekorasi. Kalau kesulitan menambah perkakas, kamu bisa memanfaatkan motif keramik dan tanaman hijau untuk dekorasinya. Selama desainnya pas, kamar mandi kecil bisa kelihatan mewah. (*)

Bagikan:
Yunike Purnama

Yunike Purnama

RELATED NEWS