Tips Cerdas OJK Kelola Uang Saat Ramadan

Yunike Purnama - Sabtu, 25 Maret 2023 10:06
Tips Cerdas OJK Kelola Uang Saat Ramadan (sumber: null)

BANDARLAMPUNG - Ramadan identik dengan momen berkumpul bersama keluarga maupun teman. Namun, Ramadan juga mendatangkan tantangan tersendiri bagi sebagian orang, ini mengingat pengeluaran yang meningkat seiring bertambahnya kebutuhan pokok dan kebutuhan menjelang Hari Raya Idul Fitri.

Dengan demikian, selain beribadah, penting juga untuk mempersiapkan keuangan saat momentum Ramadhan.  Berikut ini merupakan empat tips mengelola keuangan saat Ramadhan ala Otoritas Jasa Keuangan (OJK):

1. Buat Rencana Keuangan

Susun alokasi pengeluaran selama bulan Ramadan, seperti belanja sahur, buka puasa, tunjangan hari raya (THR), sedekah, zakat dan kebutuhan Lebaran.

2. Jangan Meminjam Jika Tidak Mampu Melunasi

Fitur PayLater atau pinjaman online memang bisa membantu "menalangi" belanja kebutuhan. Namun ingat, itu adalah utang yang harus dilunasi. 

"Gunakan jika terpaksa dan memang sanggup kamu lunasi, hati-hati terhadap pinjol ilegal ya," tulis OJK dalam akun Instagramnya, dikutip Sabtu (25/3/2023).

3. Tahan Godaan Belanja Barang yang Tidak Dibutuhkan

Diskon besar memang menggoda tapi belanjalah hanya untuk kebutuhan sesuai rencana yang sudah disusun.

4. Catat dan Disiplin Pengeluaran

Biasakan mencatat pengeluaran harian agar bisa memantau dan mengatur pengeluaran uang. Selalu disiplin terhadap rencana keuangan yang telah disusun.(*)

Editor: Redaksi
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS