Tips Cara Memiliki Tabungan Lebih Banyak Saat Usia 30-an Tahun

Yunike Purnama - Sabtu, 07 Januari 2023 05:34
Tips Cara Memiliki Tabungan Lebih Banyak Saat Usia 30-an TahunIdealnya, pada usia 30 tahun Anda harus memiliki simpanan paling tidak satu kali gaji Anda per tahun, dan pada usia 35 tahun dua kali dari gaji tahunan Anda. (sumber: Freepik )

BANDAR LAMPUNG - Idealnya, pada usia 30 tahun Anda harus memiliki simpanan paling tidak satu kali gaji Anda per tahun, dan pada usia 35 tahun dua kali dari gaji tahunan Anda.

Namun, jika Anda memeriksa keuangan Anda dan mendapati bahwa tabungan dari gaji Anda tidak mencapai angka tersebut, jangan panik. Tidak ada kata terlambat untuk memulai. Anda bisa menyimak beberapa cara berikut ini.

1. Memulai Penganggaran

Anggaran akan membantu Anda mengetahui apakah Anda masih memiliki cukup uang untuk menutupi tagihan dan berapa banyak uang yang tersisa untuk ditabung atau diinvestasikan untuk masa depan.

2. Membangun Tabungan Dana Darurat

Dana darurat dapat menjadi safety net Anda jika suatu saat terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Idealnya Anda memiliki dana darurat enam kali dari total pengeluaran Anda dalam sebulan.

3. Fokus pada Utang Berbunga Tinggi

Penting bagi Anda untuk segera melunasi utang apalagi utang berbunga tinggi. Selain itu, Anda juga perlu membatasi pengeluaran kartu kredit.

Itu tadi beberapa cara yang bisa Anda lakukan agar Anda tetap memiliki tabungan lebih banyak saat usia sudah mencapai 30-an tahun. (*)

Editor: Redaksi
Tags tabunganBagikan
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS