Tips Cara Bangun Hubungan Sehat Dengan Uang

Yunike Purnama - Minggu, 11 Juni 2023 10:49
Tips Cara Bangun Hubungan Sehat Dengan UangTidak hanya kepada manusia atau makhluk hidup lainnya, ternyata kita juga butuh membangun hubungan yang baik dengan uang. Hal ini penting dilakukan karena Anda harus berhadapan dan menangani uang setiap hari. (sumber: Freepik)

BANDARLAMPUNG - Tidak hanya kepada manusia atau makhluk hidup lainnya, ternyata kita juga butuh membangun hubungan yang baik dengan uang. Hal ini penting dilakukan karena Anda harus berhadapan dan menangani uang setiap hari.

Jika Anda harus berurusan dengan uang seumur hidup Anda, Anda juga harus memastikan bahwa Anda merasa nyaman dengan uang dan hal itu tidak membuat Anda stres dan kewalahan. Sama seperti hubungan lainnya, Anda juga perlu menghargai dan membina hubungan yang baik dengan uang. Berikut penjelasannya.

Cara Meningkatkan Hubungan yang Sehat dengan Uang

1. Hormati Uang

Menghormati uang berarti memperhatikan secara cermat apa yang Anda lakukan dengan uang dan bagaimana Anda menanganinya ketika ada uang yang masuk ke rekening Anda.

Pastikan Anda membelanjakan uang untuk hal-hal yang penting, memiliki tujuan yang jelas, dan bermanfaat bagi Anda. Selain itu, Anda juga tidak diperbolehkan untuk menganggap remeh uang dan jangan perlakukan uang seperti sampah ketika Anda merasa uang tersebut tidak memiliki manfaat untuk Anda.

2. Perhatikan Uang

Anda tidak akan memiliki hubungan yang baik dengan uang ketika tidak memperhatikannya. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui apa yang terjadi dengan keuangan Anda sehingga Anda dapat merencanakannya dengan tepat.

Jika Anda tidak pernah memperhatikan uang Anda, hal itu akan menjadi hubungan sepihak di mana Anda hanya menggunakan uang tersebut ketika Anda membutuhkan sesuatu. Uang bisa bekerja untuk Anda sekaligus melawan Anda. Oleh karena itu, pastikan untuk membuatnya bekerja kepada Anda.

Jangan hanya membuat anggaran. Lacak pengeluaran Anda dan pantau pengeluaran Anda setiap hari. Periksa transaksi Anda dan catat tagihan yang akan datang sehingga Anda tahu apa yang sedang terjadi.

3. Menyukai Uang

Pada umumnya istilah menyukai atau mencintai uang terkesan negatif. Namun, ternyata mencintai uang bisa membawa dampak yang positif.

Sebagian besar dari kita menyukai uang karena apa yang bisa dilakukannya untuk kita. Akan tetapi, ketika kita sudah tidak punya uang, kita tidak lagi menyukainya.

Padahal cinta harusnya tidak memerlukan syarat, termasuk soal uang ini. Tentu saja Anda bisa mencoba mencintai uang dengan menganggarkan waktu dengan mengerjakan ulang anggaran Anda, melakukan analisis soal pengeluaran Anda, dan sebagainya.

4. Jangan Takut Terhadap uang

Anda tidak akan bisa memiliki hubungan yang baik dengan uang jika takut terhadapnya. Oleh karena itu, jangan takut untuk membelanjakan atau menghasilkan uang. Karena tidak seperti waktu, uang justru sumber daya dan aset yang dapat diperbarui.

Anda selalu bisa mendapatkan uang lebih banyak, jadi cobalah untuk menghindari kebiasaan menimbun uang secara berlebihan. Uang ada untuk digunakan dan dibelanjakan dengan bijak. 

Meski begitu, Anda juga perlu mempersiapkan dana darurat dengan jumlah yang cukup memenuhi biaya hidup Anda sehari-hari, lalu jalani hidup Anda seperti biasa. 

Untuk menghasilkan lebih banyak uang, jangan takut mengambil risiko atau bahkan gagal. Lebih baik, Anda berinvestasi pada diri Anda sendiri terlebih dahulu dan biarkan pola pikir Anda membuat Anda bermimpi besar.

5. Habiskan Waktu dengan uang

Maksud dari poin ini adalah menghabiskan waktu untuk memikirkan alasan Anda di balik uang. Anda perlu memiliki pemahaman yang lebih baik tentang tujuan Anda mendapatkan uang.

Perlu Anda ingat, uang hanyalah alat. Uang digunakan untuk memperoleh hal-hal yang Anda butuhkan. Dengan memikirkan hal tersebut, Anda jadi lebih paham mengenai konsep uang sehingga akan mendapatkan pemahaman yang lebih baik dalam mengelola keinginan dan kebutuhan Anda.(*)

Editor: Redaksi
Bagikan
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS