Tips Cara Agar Rumah Terlihat Rapi

Yunike Purnama - Minggu, 30 Juli 2023 14:18
Tips Cara Agar Rumah Terlihat RapiIlustrasi (sumber: Freepik)

BANDARLAMPUNG - Rumah yang terlihat rapi dan asri tentu punya kenyaman tersendiri bagi penghuninya, apalagi dipenuhi oleh tanaman hijau akan membuat suasana yang tenang dan nyaman.

Tapi, tidak selalu rumah kelihatan rapi adakalanya rumah terlihat berantakan, mainan berserakan dimana-mana, barang tidak tersusun dengan rapih. 

Berikut ini TrenAsia.com jaringan media Kabarsiger.com merangkum dari laman Forbes pada Minggu, 30 Juli 2023 mengenai 5 tips agar rumah tetap rapi menurut ahli. 

1. Praktekkan Decluttering Secara Reguler 

Kekacauan adalah musuh terbesar rumah. Jill Moore, seorang profesional organizing bersertifikat mengatakan bahwa ia memiliki aturan yang jelas "Jika lima kaos baru masuk, lima kaos lama harus dibuang" katanya. 

Sementara pendiri dan CEO Alana's Organizing, Alana Frost menyebut ia biasanya membersihkan rumahnya secara total tiga hingga empat kali dalam setahun. 

"Ketika dilakukan setiap beberapa bulan, lebih mudah untuk memutuskan apa yang akan disimpan atau disumbangkan karena Anda membuat lebih sedikit keputusan" kata Frost. 

2. Buat Rutinitas Harian dan Mingguan 

Frost berkata bahwa baginya, rutinitas sehari-hari adalah kunci untuk menjaga rumah tetap teratur. Ia menghabiskan sekitar 30 menit setiap harinya untuk membersihkan dan merapikan semua barang. 

"Itu mencegah kekacauan dan membantu melatih saya untuk mengetahui apa yang ada di rumah, di mana tempatnya dan itu membuat rumah saya bersih dan teratur dalam prosesnya," kata Frost.

Senada dengan Frost, Moore juga berfokus untuk memastikan tidak ada pakaian atau sampah yang tersisa di malam hari. 

“Di malam hari, saya memastikan mesin cuci piring sudah terisi, wastafel dikosongkan dan disterilkan, bagian atas meja dibersihkan dan semua sampah dibuang. Memiliki awal yang bersih untuk memulai keesokan paginya dengan segar memiliki efek yang menenangkan, ”kata Moore.

3. Pengorganisasian Mikro 

Frost memiliki area mikro-terorganisir di rumah seperti dapur dan kamar mandi. Ia mengatakan ruangan-ruangan tersebut cenderung memiliki banyak barang kecil yang dikemas dalam satu tempat. 

Ia mengatakan bahwa dengan menggunakan laci, wadah, dan zona terpisah untuk setiap kategori dapat menjaga kerapian barang tersebut. 

Tips itu juga membuatnya lebih mudah untuk menemukan apa yang ia butuhkan. “Setiap barang di rumah kami memiliki satu tempat yang ditentukan,” kata Moore. 

“Saya selalu tahu di mana menemukan apa yang saya cari dengan cepat tanpa harus menjelajahi beberapa tempat penyimpanan yang berbeda. Saya dapat menemukan semua baterai saya dengan semua baterai lainnya, dan bola lampu dengan semua bola lampu lainnya.” paparnya. (*)

Editor: Redaksi
Bagikan
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS