Tips Agar Profil Instagram Anda Cepat Viral dan Raih Banyak Followers

Yunike Purnama - Jumat, 25 Agustus 2023 06:34
Tips Agar Profil Instagram Anda Cepat Viral dan Raih Banyak FollowersIlustrasi aplikasi instagram (sumber: Pexels)

BANDARLAMPUNG  - Instagram adalah salah satu media sosial yang populer, bahkan bagi masyarakat Indonesia. Apakah Anda sudah lama menggunakan Instagram tapi hanya meraih sedikit likes, komentar, dan followers meski Anda sudah berusaha sebaik mungkin?

Jika hal itu terjadi kepada Anda, simak beberapa tips berikut ini yang akan membantu Anda meraih ketenaran di Instagram.

Cara Membuat Profil Instagram Anda Cepat Viral atau Terkenal

Berikut beberapa hal yang bisa Anda coba untuk menaikkan kepopuleran akun Instagram Anda.

1. Unggah Foto Terbaik

Coba posisikan diri Anda sebagai pengikut atau orang yang tidak Anda kenal. Salah satu cara agar Anda mengikuti akun seseorang adalah ketika postingan mereka menarik, seperti fotonya sangat estetik atau sering berbagi informasi yang sangat membantu.

Jika Anda mengambil banyak foto selama pemotretan, Anda bisa saja mempublikasikannya sebagai postingan carousell di feeds Instagram. Postingan carousell dapat berisi hingga 10 foto dan followers Anda bisa menggesernya dari kiri ke kanan sebelum melanjutkan menelusuri feeds Anda. Manfaat Anda melakukan hal ini adalah Anda dapat menceritakan kisah yang lebih komprehensif dalam satu postingan.

2. Pilih Niche dengan Spesifik

Ketika Anda mencoba memperoleh banyak followers di Instagram, pastikan Anda fokus untuk memikat jenis pengikut tertentu. Misalnya, jika Anda seorang pencinta kuliner, Anda mungkin ingin orang yang hobi kuliner juga follow akun Instagram Anda. Oleh karena itu, pastikan unggahan Anda menarik bagi pengikut Anda, seperti memberikan foto yang menarik dan informatif kepada followers.

3. Punya Estetika Sendiri

Seseorang mengikuti suatu akun Instagram ketika postingannya memiliki estetika khusus yang berbeda dengan akun lainnya. Jika Anda terus menerus mengubah filter yang Anda gunakan, ada kemungkinan followers Anda jadi tidak menyukai postingan Anda. Oleh karena itu, luangkan waktu untuk mencari tahu tone warna apa yang sesuai dengan postingan Instagram Anda.

4. Gunakan Hashtag dengan Bijak

Hashtag adalah salah satu cara terbaik untuk membuat lebih banyak pengguna Instagram yang melihat foto dan video Anda. Akan tetapi, Instagram tampaknya telah membatasi jumlah tagar yang dapat digunakan setiap postingannya yaitu maksimal 30 saja.

Anda juga perlu menghindari hashtag yang terlalu populer karena jangkauannya terlalu luas. Pastikan hashtag yang Anda gunakan sangat relevan dengan minat dan postingan Anda.

5. Interaksi dengan Komunitas Anda

Instagram adalah jejaring sosial, bukan sekadar platform untuk publish postingan saja. Oleh karena itu, jika Anda ingin benar-benar viral atau terkenal, Anda perlu mengintegrasikan diri ke dalam komunitas Instagram.

6. Gunakan Fitur Story atau Stories

Story atau Stories akan memudahkan Anda untuk meningkatkan engagement atau keterlibatan dalam komunitas Anda. Anda bisa mengunggah konten yang lebih dinamis atau tidak terlalu dipoles seperti yang biasa diunggah di feeds, sehingga followers Anda memperoleh info lebih banyak mengenai ‘di balik layar’ proses konten yang Anda buat.

7. Jangan Lupa Call to Action

Jika Anda benar-benar menginginkan lebih banyak interaksi di Instagram, jangan takut untuk memintanya. Ajukan call to action atau kalimat ajakan kepada para followers untuk melakukan suatu aksi, seperti “Bagaimana komentarmu terhadap hal ini, tuliskan di komentar ya!”.(*)

Editor: Redaksi
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS