Tips Agar Perjalanan Aman dan Hemat BBM selama Arus Balik Mudik Lebaran

Yunike Purnama - Minggu, 14 April 2024 10:19
Tips Agar Perjalanan Aman dan Hemat BBM selama Arus Balik Mudik Lebaran (sumber: null)

BANDARLAMPUNG - Arus balik mudik Idulfitri 2024 diperkirakan akan berlangsung dari tanggal 12 hingga 16 April 2024. Mengantisipasi lonjakan volume kendaraan yang bisa menimbulkan kemacetan, Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri akan menerapkan berbagai strategi pengaturan lalu lintas, termasuk penerapan sistem ganjil genap, one way, dan contra flow, terutama di Tol Trans Jawa. Produsen ban internasional, Hankook Tire, berbagi tips berkendara aman dan efisien bahan bakar khusus untuk pemilik kendaraan niaga.

1. Patuhi Jalur yang Ditetapkan

Kendaraan niaga seperti truk dan bus memiliki ukuran dan berat yang lebih besar daripada mobil biasa. Ahmad Juweni, National Sales Manager TBR (Truck & Bus Radial) PT. Hankook Tire Sales Indonesia, mengatakan bahwa mematuhi jalur yang telah ditentukan adalah penting untuk keselamatan dan kenyamanan berkendara. Kehilangan kendali bisa berdampak buruk bagi pengendara lain.

2. Kontrol Kecepatan dan Jarak

Truk dengan muatan berat lebih mudah oleng saat berbelok dengan kecepatan tinggi. Oleh karena itu, gunakan jalur kiri atau lambat, dengan kecepatan maksimal 60 km/jam untuk truk dan 80 km/jam untuk bus. Pastikan juga untuk menjaga jarak aman dengan kendaraan di depan, mengikuti prinsip jarak minimal berdasarkan kecepatan.

3. Istirahat di Area Istirahat

Mengemudi dalam keadaan lelah atau mengantuk bisa berbahaya. Jika merasa kelelahan, sebaiknya beristirahat di area istirahat dan tidur sejenak selama 30 menit.

Pada arus mudik Lebaran 2023, ada 5.894 kecelakaan dengan 726 korban jiwa, di mana kelelahan dan kelalaian menjadi penyebab utama.

4. Muatan Sesuai Kapasitas

Jumlah muatan kendaraan niaga harus sesuai dengan kapasitas maksimalnya. Overload bisa menyebabkan truk sulit dikendalikan dan meningkatkan risiko kecelakaan.

5. Periksa Komponen Kendaraan

Sebelum berangkat, lakukan pemeriksaan kendaraan secara menyeluruh, termasuk mesin, rem, suspensi, dan kemudi. "Perawatan rutin seperti pergantian oli dan filter tidak hanya meningkatkan efisiensi mesin tapi juga mengurangi konsumsi bahan bakar," ujar Ahmad.

6. Tekanan Ban yang Tepat

Tekanan ban yang tidak sesuai bisa meningkatkan konsumsi bahan bakar. Pastikan tekanan ban sudah sesuai dengan rekomendasi pabrikan. Hankook menawarkan berbagai jenis ban khusus untuk kendaraan niaga dengan performa dan ketahanan yang tinggi.

Ban AH30 dari Hankook, misalnya, dirancang untuk perjalanan jarak jauh dengan traksi dan pengereman yang optimal. Sedangkan Smartflex AH35 memberikan traksi lebih baik dan membantu penghematan bahan bakar.

Dengan berbagai tips di atas, diharapkan para pengemudi kendaraan niaga dapat berkendara dengan lebih aman, efisien, dan nyaman selama arus balik Idulfitri 2024. Selalu ingat untuk selalu mematuhi aturan lalu lintas dan menjaga keselamatan diri serta pengguna jalan lainnya. (*)

Bagikan
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS