Tips 7 Cara Menghemat Uang untuk Merawat dan Memperbaiki Mobil

Yunike Purnama - Rabu, 14 Juni 2023 08:26
 Tips 7 Cara Menghemat Uang untuk Merawat dan Memperbaiki MobilCara Menghemat Uang untuk Perawatan dan Perbaikan Mobil (sumber: Freepik)

BANDARLAMPUNG - Banyak orang yang menjadikan memiliki mobil sebagai salah satu tujuan. Akan tetapi, ternyata setelah Anda berhasil memiliki mobil, Anda membutuhkan biaya lainnya yaitu biaya perawatan. 

Perlu diketahui biaya perawatan mobil ternyata tidak sedikit. Tidak hanya itu, Anda juga tetap membutuhkan uang untuk membeli bensin.

Jika dibiarkan terus menerus, pengeluaran bisa menjadi membengkak. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui cara menghemat uang untuk perawatan dan perbaikan mobil agar kondisi keuangan Anda tetap stabil. Berikut penjelasannya.

Cara Menghemat Uang untuk Perawatan dan Perbaikan Mobil

1. Lakukan Perawatan Mobil Secara Rutin

Ada beberapa keuntungan yang bisa Anda peroleh dari perawatan mobil secara teratur. Pertama, Anda mampu mempertahankan masa pakai mobil sehingga Anda tidak perlu melakukan perbaikan besar dalam jangka panjang.

2. Pilih Bengkel yang Tepat

Cara lain agar Anda dapat menghemat uang untuk memperbaiki dan merawat mobil adalah dengan memilih bengkel yang tepat. Anda juga bisa melakukan perbandingan harga barang-barang yang diperlukan mobil Anda dengan mengunjungi beberapa tempat. 

3. Temukan Mekanik yang Andal

Mintalah teman dan keluarga Anda untuk merekomendasikan mekanik yang andal daripada hanya memilih bengkel atau dealer resmi terdekat dari rumah. Anda juga bisa menanyakan informasi ini di grup Facebook atau kepada tetangga dan saudara Anda. Setelah menemukannya, jalin hubungan yang tulus agar Anda bisa bekerja sama dengannya dalam jangka panjang.

4. Manfaatkan Garansi

Banyak suku cadang mobil yang memiliki garansi seumur hidup atau terbatas seumur hidup. Oleh karena itu, pastikan untuk selalu memeriksa kondisi mobil Anda pada saat pembelian agar Anda bisa memperoleh garansi yang Anda perlukan.

5. Pelajari Cara Melakukan Perbaikan Sederhana

Jika Anda memiliki garasi atau ruangan lainnya, Anda bisa mencoba melakukan perbaikan sederhana pada mobil Anda. Anda dapat menghemat uang untuk perbaikan mobil dengan belajar melakukan hal-hal sederhana seperti penggantian oli dan filter, dan mengganti filter sendiri. Meski begitu pastikan untuk melakukan apa yang Anda bisa dengan aman dan simpan peralatan di mana Anda bisa.

6. Baca Buku Manual

Produsen mobil tentu telah menyediakan seluruh buku petunjuk yang berguna untuk menjaga agar mobil Anda tetap berjalan dengan baik. Hal ini perlu dilakukan agar biaya perawatan mobil Anda jadi lebih hemat.

Buku manual ini juga akan memberi tahu Anda apa yang harus dilakukan saat kendaraan Anda mencapai titik jarak tempuh tertentu. Mengabaikan rekomendasi manual Anda dapat menimbulkan masalah keamanan dan mengurangi umur panjang mobil Anda.

7. Hindari Membawa Beban Secara Berlebihan 

Jangan membawa beban secara berlebihan atau barang yang tidak diperlukan di dalam mobil. Beban yang berlebihan ternyata dapat mempengaruhi efisiensi bahan bakar dan juga meningkatkan tekanan pada komponen suspensi dan rem.

Editor: Redaksi
Tags perbaikan mobilBagikan
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS