Tingkatkan Literasi Siswa, SMKN 1 Bakauheni Gelar Pelatihan Menulis

Eva Pardiana - Selasa, 30 Agustus 2022 13:03
Tingkatkan Literasi Siswa, SMKN 1 Bakauheni Gelar Pelatihan MenulisSiswa SMKN 1 Bakauheni, Lampung Selatan, saat mengikuti “Pelatihan Karya Tulis Ilmiah Populer bagi Siswa SMKN 1 Bakauheni Tahun 2022”, Senin, 29 Agustus 2022, di aula sekolah setempat. (sumber: Dok. SMKN 1 Bakauheni)

LAMPUNG SELATAN — SMKN 1 Bakauheni, Lampung Selatan, menyelenggarakan pelatihan menulis dalam rangka meningkatkan kompetensi literasi baca-tulis siswa, Senin, 29 Agustus 2022, di aula sekolah setempat.

Kegiatan bertajuk “Pelatihan Karya Tulis Ilmiah Populer bagi Siswa SMKN 1 Bakauheni Tahun 2022” itu menghadirkan pemateri Chairil Anwar, pegiat penulisan kreatif yang juga guru Bahasa Indonesia di SMPN 26 Bandar Lampung.

Dalam pelatihan yang diikuti sekitar 40 siswa itu, narasumber memaparkan soal teknik menulis populer dan trik agar tulisan siswa mampu menembus media massa. Selain penyampaian materi, kegiatan tersebut juga diisi dengan praktik menulis, presentasi karya siswa, dan ditutup oleh kuis.

Wakil Kepala SMKN 1 Bakauheni Bidang Kesiswaan Edi Humaidi, mewakili Kepala SMKN 1 Bakauheni Sukijo, mengapresiasi kegiatan yang rencananya bakal menjadi agenda rutin ini. “Kegiatan ini sangat positif untuk meningkatkan literasi serta memberikan bekal belajar siswa dalam menulis,” kata dia.

Edi berharap lewat kegiatan ini, motivasi belajar dan menulis siswa semakin meningkat. “Karya beberapa siswa kami sudah ada yang mampu media. Diharapkan, nanti makin banyak siswa kami yang mampu mengikutinya,” ujarnya.

Sementara itu, peserta pelatihan menulis, Maya Sofianti, siswa kelas XII Jurusan Akuntansi, mengatakan cukup puas dengan kegiatan penulisan karya ilmiah populer ini. “Saya banyak mendapatkan ilmu tentang penulisan karya ilmiah populer. Terima kasih kepada sekolah dan pemateri yang telah memfasilitasi kami,” ucap Maya yang juga Ketua OSIS SMKN 1 Bakauheni tersebut.

Maya berharap acara seperti ini dapat terus dilakukan agar SMKN 1 Bakauheni dapat melahirkan penulis-penulis yang mampu berkarya dan terpublikasi di media massa. (CA)

Editor: Eva Pardiana
Bagikan

RELATED NEWS