Tingkatkan Kualitas Layanan Publik, ASN Perlu Adopsi Teknologi Digital

Yunike Purnama - Sabtu, 22 Juli 2023 11:57
Tingkatkan Kualitas Layanan Publik, ASN Perlu Adopsi Teknologi DigitalKecerdasan buatan (AI) dapat mempermudah hidup kita jika dapat memanfaatkannya dengan benar. (sumber: Ist)

JAKARTS - Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kemenkominfo) mengajak para Aparatur Sipil Negara (ASN) Provinsi Sumatera Utara untuk tingkatkan kompetensi digital dan bersiap menjalani digitalisasi layanan publik pada kegiatan Literasi Digital Sektor Pemerintahan yang diselenggarakan di Cambridge Hotel Medan, Kota Medan, Selasa (11/07/2023).

Direktur Pemberdayaan Informatika, Boni Pudjianto menyatakan dalam sambutannya bahwa kegiatan Literasi Digital Sektor Pemerintahan dilaksanakan untuk meningkatkan kompetensi ASN di bidang digital. “Kita harus mengenal, mengadopsi teknologi digital agar bisa meningkatkan kualitas pelayanan di sektor publik,” ucap Boni.

Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Utara, Arief Sudarto Trinugroho turut menekankan tentang pentingnya literasi digital bagi ASN untuk memahami perubahan zaman ke era digital yang lebih dinamis. “ASN harus sangat akrab dengan digitalisasi, karena perubahan di dunia demikian cepat untuk teknologi informasi dan komunikasi,” tegas Arief.

Kegiatan Literasi Digital Sektor Pemerintahan untuk ASN Provinsi Sumatera Utara dilaksanakan secara luring dan daring dengan dibagi ke 8 batch. Peserta kegiatan diberikan materi mengenai Empat Pilar Literasi Digital, yaitu Kecakapan Digital, Keamanan Digital, Budaya Digital, dan Etika Digital, dimana masing-masing materi dibawakan oleh narasumber yang ahli di bidangnya.

Anggota Dewan Pengawas Ikatan Auditor Sistem Informasi Indonesia, Hari Singgih Nugroho, dalam sesi penyampaian materinya menyatakan bahwa selain meningkatkan efisiensi pekerjaan, teknologi digital juga mengubah budaya kerja ASN, sehingga penting untuk meningkatkan kompetensi sebagai ASN. (*)

Editor: Redaksi
Tags ASNAIBagikan
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS