Timnas Argentina Puji Kemegahan Stadion Gelora Bung Karno

Yunike Purnama - Jumat, 26 Mei 2023 06:58
Timnas Argentina Puji Kemegahan Stadion Gelora Bung KarnoManajer Timnas Argentina, Daniel Cabrera, mengacungi jempol Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) yang akan menjadi venue laga Tim Tango melawan Timnas Indonesia pada 19 Juni 2023 (sumber: gbk.id)

JAKARTA - Manajer Timnas Argentina, Daniel Cabrera, mengacungi jempol Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) yang akan menjadi venue laga Tim Tango melawan Timnas Indonesia pada 19 Juni 2023. Stadion yang dibangun tahun 1960 itu dinilai sempurna untuk menggelar laga FIFA Matchday tersebut.

Hal itu diungkapkan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, saat konferensi pers di Jakarta, Rabu 24 Mei 2023. Dalam kesempatan tersebut, Erick memastikan duel Indonesia melawan Argentina akan digelar di Stadion GBK. “Mereka sudah melihat Gelora Bung Karno. Kata (manajer Argentina), perfecto (sempurna),” ujarnya.

Pujian tersebut semakin membuka peluang bintang papan atas Tim Tango seperti Lionel Messi menjejakkan kaki di Indonesia. Pada tahun 2013, Messi yang masih membela Barcelona sempat batal bermain dalam uji coba melawan Malaysia XI lantaran kondisi Stadion Shah Alam yang kurang representatif.

Kondisi lapangan yang bagus disebut menjadi salah satu syarat wajib agar Messi mau tampil. SUGBK sendiri memiliki kapasitas hingga 70.000 orang. Sejauh ini, stadion yang dibangun arsitek kawakan Friedrich Silaban itu pernah menggelar duel Timnnas melawan negara papan atas lain seperti Belanda, Islandia, Uruguay dan Kamerun.

Messi sendiri hampir dipastikan berangkat ke Jakarta setelah dia masuk daftar line up yang dibawa Argentina untuk bermain di China. Sebelum melawan Indonesia, Argentina bakal menghadapi Timnas Australia di Beijing, 15 Juni. Erick meyakini Argentina bakal membawa skuat komplet saat bertandang di Jakarta. “Saya percaya Argentina akan menyiapkan tim terbaiknya,” ujar Erick Thohir.

Momen Berlibur

Sejumlah laporan dari Argentina juga meyakini deretan pemain papan atas seperti Messi tetap akan dibawa dalam laga uji coba di Asia. Jurnalis Argentina, Gaston Edul, menyebut jadwal Argentina melawan Indonesia pada Juni digelar setelah kompetisi liga maupun Liga Champions berakhir. Artinya, para pemain dapat memanfaatkan momen uji coba sekaligus untuk berlibur. “Di momen itulah para pemain akan pergi ke negara tujuan (uji coba),” cuit Edul di akun Twitternya.

Peluang Messi tampil di laga melawan Indonesia bertambah apabila melihat uji coba Argentina sebelumnya melawan tim sekelas Curacao, Maret 2023. Di laga tersebut, Messi tampil sebagai starter bersama bintang Argentina lain seperti Emiliano Martinez dan Enzo Fernandez. Messi bahkan menjadi satu dari lima pemain Argentina yang tampil 90 menit.(*)

Editor: Redaksi
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS