Ternyata Ini Penyebab Mengapa Suka Menunda Pekerjaan

Yunike Purnama - Senin, 10 Juli 2023 13:04
Ternyata Ini Penyebab Mengapa Suka Menunda Pekerjaan (sumber: null)

BANDARLAMPUNG - Penundaan seringkali berujung pada rasa menyesal, depresi, dan membenci diri sendiri. Lalu, mengapa kita bisa melakukan hal ini? Simak penjelasan berikut.

1. Kurangnya Motivasi

Banyak dari kita merasa kurang adanya tujuan di tempat kerja. Ada juga yang tidak termotivasi di tempat kerja karena tidak percaya dengan apa yang sedang mereka lakukan.

2. Takut Gagal

Alasan lain kita menunda-nunda adalah karena kita merasa cemas, seringkali secara tidak rasional bahwa hasil kerja kita mungkin tidak diterima dengan baik. Seringkali ketakutan akan kegagalan membuat kita tidak memulai pekerjaan yang harus kita lakukan.

3. Kurang Kemauan

Ketika dihadapkan dengan tuntutan yang besar atau situasi yang penuh tekanan, tekad kita seringkali berkurang. Hal ini membuat kita cenderung tergoda dengan distraksi lainnya seperti memeriksa media sosial, bermain video game, atau aktivitas lain yang Anda sukai.

Berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan kebiasaan buruk suka menunda ini: 

1. Ketahui Kembali Tujuan Anda

Seperti yang telah disebut sebelumnya, penundaan menunjukkan masalah yang lebih besar, yaitu Anda tidak memiliki tujuan keseluruhan dalam hidup Anda. Jadi, untuk mengatasi hal tersebut ada baiknya jika Anda mulai mendapatkan kembali tujuan itu.

Misalnya, ketika di tempat kerja cobalah untuk menanyakan pada diri Anda apa kekuatan Anda dan bagaimana Anda dapat menggunakan kekuatan itu setiap hari. Tips ini adalah langkah-langkah kecil yang dapat meningkatkan motivasi Anda sehari-hari.

2. Nikmati Prosesnya

Agar Anda tidak stres yang akhirnya membuat diri Anda menunda-nunda pekerjaan, cobalah untuk lebih fokus pada proses daripada tujuan akhirnya. Dengan menikmati prosesnya, Anda akan menyukai semua hal yang Anda lakukan dan tidak akan menundanya.

3. Breakdown Tugas Besar Menjadi Tugas yang Lebih kecil

Terkadang, tugas yang terasa sulit membuat Anda jadi takut untuk mengerjakannya. Anda bisa mencoba mengatasinya dengan memecah tugas menjadi tugas yang lebih kecil dan lebih mudah dikerjakan sehingga membuat Anda tidak merasa terlalu kesulitan untuk melakukannya. (*)

Editor: Redaksi
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS