Ternyata Begini Cara Lain Melatih Kecerdasan Anda

Yunike Purnama - Rabu, 19 April 2023 04:34
Ternyata Begini Cara Lain Melatih Kecerdasan AndaKecerdasan seseorang juga dapat dinilai berdasarkan seberapa kreatif Ia memecahkan masalah sehari-hari. (sumber: Ist)

BANARLAMPUNG  - Kecerdasan tak selalu tentang logika berpikir dan terikat dengan skor intelegensi seseorang. Kecerdasan seseorang juga dapat dinilai berdasarkan seberapa kreatif Ia memecahkan masalah sehari-hari.

Mengutip pendapat Sternberg, salah satu pencetus teori kecerdasan majemuk berpendapat kalau orang yang kreatif pastilah orang yang cerdas. Pasalnya, orang kreatif bisa berpikir dengan cara-cara unik dan mampu melihat suatu masalah dari sudut pandang yang nggak bisa dilihat oleh orang pada umumnya.

Namun, sama seperti halnya kecerdasan intelegensi, kreatifitas bukanlah didapat berdasarkan Ilham ilahi. Melainkan dicari dan diasah supaya semakin tajam. Berangkat dari hal tersebut, berikut cara mengasah kreatifitas sekaligus kecerdasan Anda:

1. Punya tujuan spesifik ketika bangun

Untuk menjadi orang cerdas, Anda bisa mulai dari saat mengawali hari. Jika Anda ingin mengasah kecerdasan dan kreatifitas Anda, ada baiknya memiliki tujuan spesifik ketika mulai bangun tidur.

Menurut penelitian yang dilakukan Mihaly Csikszentmihalyi, psikolog yang terkenal dengan teori Flow dan Creativity, orang-orang cerdas yang kreatif itu bangun pagi karena mereka selalu menunggu beragam aktivitas baru yang ingin mereka coba.

Mereka juga punya keinginan bertemu dan membahas topik baru dengan orang-orang spesial hingga mencoba tantangan baru dalam keseharian hidup mereka. Intinya ada hal spesifik yang ingin mereka capai.

2. Penasaran dengan hal baru setiap hari

Kunci utama untuk menjadi sosok yang kreatif adalah punya rasa ingin tahu yang tinggi dan ketertarikan pada hal baru setiap harinya. Menurut Mihaly, Anda bisa saja fokus pada hal baru yang kamu dengar, baca, atau lokasi baru yang Anda lihat.

3. Eksplorasi hal baru

Untuk mengasah kreatifitas, Mihaly merekomendasikan Anda untuk melakukan eksplorasi ke tempat baru. Biasanya, hidup di lingkungan dimana tempat Anda berada bisa menyebabkan perkembangan Anda stagnan.

Eksplorasi hal baru bisa dimulai dari mengajukan pertanyaan yang tidak biasa ke teman dekat Anda. Contoh sederhananya, Ands bisa berbicara tentang hal-hal di luar film favorit atau di luar artis favorit Anda.

4. Cari hobi baru

Anda. Isa mengasah kecerdasan dan kreatifitas dengan mencari dan memperdalam hobi baru. Dengan menggali hobi baru, bisa jadi hal yang selama ini kurang Anda minati atau bahkan ditakuti justru bisa menjadi bagian dari keunggulan Anda.

Saat Anda tertarik sama bidang tertentu, kamu bisa meluangkan waktu khusus untuk memperdalam tentang hal itu. Misalnya saat Anda tertarik untuk belajar bahasa asing, maka luangkan waktu untuk memperdalam hal tersebut.(*)

Editor: Redaksi
Bagikan
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS