Terapkan 5 Good Money Habit Ini untuk Mengatur Keuangan Anda

Eva Pardiana - Selasa, 30 November 2021 08:11
Terapkan 5 Good Money Habit Ini untuk Mengatur Keuangan AndaIlustrasi pencatatan keuangan. (sumber: Freepik.com)

BANDARLAMPUNG – Investasi uang sudah tidak asing lagi dilakukan oleh kalangan milenial. Namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum berinvestasi uang, salah satunya yaitu Money Habit. Menurut Prita Ghozie seorang Financial Planner, Good Money Habit sangat penting untuk diterapkan dalam mengatur keuangan. Apa saja itu? 

1. Bayar Tagihan Tepat Waktu

Membayar tagihan tepat waktu tidak hanya menyelamatkan anda dari denda tagihan tapi juga menyelamatkan Anda dari diskoneksi seperti mati listrik atau internet. Ada dua cara yang bisa Anda lakukan untuk membayar tagihan tepat waktu, yaitu pilih tanggal tertentu untuk membayar tagihan atau gunakan sistem Autopay pada tanggal yang telah ditentukan untuk membayar tagihan anda.

2. Buat Anggaran Bulanan

Setiap orang memiliki pendapatan dan pengeluaran yang berbeda-beda. Adanya anggaran bulanan anda dapat menyesuaikan keuangan anda dengan kebutuhan selama sebulan. Tidak hanya itu, dengan membuat anggaran bulanan rutin dalam setahun anda akan mulai lebih terbiasa dan terkontrol dalam mengelola keuangan.

3. Buat Simpanan Otomatis

Adanya teknologi autosaving sangat menguntungkan bagi anda yang pelupa. Anda dapat mengatur sistem goal saver dari aplikasi perbankan tabungan anda atau dapat ikut program auto-installment reksa dana. Selain itu, apabila anda memiliki DPLK dari kantor, anda dapat meminta bantuan HRD untuk mendambah opsi iuran pribadi jika memungkinkan. 

4. Catat Pengeluaran dan Pemasukan

Pecatatan pengeluaran dan pemasukan sangatlah penting sebagai bahan evaluasi keuangan anda. Dengan adanya catatan keuangan, anda tahu persis berapa nominal yang dikeluarkan perharinya sehingga anda dapat lebih disiplin dan menghargai uang. Menurut Prita Ghozie untuk mencatat pengeluaran, anda dapat mengambil screenshoot dan mencatat saldo anda setiap tanggal 1 kemudian dibandingkan perkembangannya dengan bulan lalu. 

5. Konsistensi Adalah Kunci

Good Money Habit yang telah disarankan sebisa mungkin dilakukan secara konsisten. “Sekali saja terlewat, biasanya siy akan kelewatan terus sampai akhirnya lupa” kata Prita di akun instagrammnya.  (*)

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Azura Azka Syavira pada 30 Nov 2021 

Editor: Eva Pardiana

RELATED NEWS