Telkomsel Gencarkan Transformasi Lintas Industri

Yunike Purnama - Rabu, 29 Desember 2021 19:26
Telkomsel Gencarkan Transformasi Lintas IndustriTelkomsel berkomitmen untuk memperkuat ekosistem digital dengan secara konsisten. (sumber: Dok Telkomsel)

BANDARLAMPUNG - Telkomsel berkomitmen untuk memperkuat ekosistem digital dengan secara konsisten dan membuka lebih banyak peluang bagi berbagai elemen. Dengan begitu Indonesia dapat mengoptimalkan potensi melalui pemanfaatan teknologi digital terdepan yang tepat guna.

 

Perusahaan telekomunikasi Telkomsel, melakukan sinergi untuk negeri melalui berbagai solusi dan layanan digital. Berbagai layanan digital Telkomsel yang berada di satu ekosistem yang terintegrasi, andal dan komprehensif membantu akselerasi transformasi digital Indonesia.

Terobosan dan inovasi yang dilakukan pada layanan digital Telkomsel juga menjadi terobosan di lingkungan BUMN dan UMKM. Dengan begitu pengembangan bisnis bisa dilakukan secara berkelanjutan, dan mendukung pertumbuhan ekonomi digital nasional.

Direktur Utama Telkomsel Hendri Mulya Syam mengatakan, Telkomsel merupakan bagian dari perusahaan BUMN Telkom Group terus berupaya menjalankan perannya sebagai agen pembangunan dan enabler bagi seluruh elemen bangsa.

"Telkomsel Sinergi untuk Negeri hadir sebagai bentuk upaya kami dalam memperkenalkan solusi dan layanan digital di ekosistem Telkomsel yang terintegrasi, andal, dan komprehensif untuk membantu akselerasi transformasi digital di lingkungan BUMN dan UMKM secara berkelanjutan dalam pengembangan bisnis yang mendukung pertumbuhan ekonomi digital nasional," ungkap Hendri dalam keterangan resmi.

Apalagi, dengan hadirnya Industri 4.0, memberikan peluang yang besar, namun sekaligus menjadi tantangan untuk Indonesia. Oleh karena itu, Telkomsel ingin ikut berkontribusi memastikan bahwa talenta-talenta Indonesia siap untuk mengisi lapangan kerja baru di era industri 4.0.

Pasar Indonesia sangatlah besar, oleh karena itu transformasi digital di lingkungan BUMN saat ini merupakan sebuah keharusan, agar menjadi tuan rumah di negara kita sendiri, termasuk sektor industri maupun teknologi dan digital, yang digunakan untuk pertumbuhan bangsa.

Bukan hanya itu, Telkomsel juga hadir di kancah internasional melalui ajang Dubai Expo 2020. Telkomsel menjadi salah satu perusahaan yang dipercaya menjadi perwakilan delegasi Indonesia dalam ajang Dubai Expo tersebut, untuk memamerkan kecanggihannya.

Dalam kegiatan tersebut, Telkomsel menggelar showcase kapabilitas teknologi telekomunikasi terkini dalam sesi National Day. Hal ini guna memaksimalkan potensi dan pertumbuhan ekosistem serta layanan digital di Indonesia hingga terbukanya peluang kolaborasi dan investasi.

Selain meningkatkan eksistensi di kancah global Telkomsel juga melakukan berbagai inovasi untuk mendukung transformasi digital di dalam negeri. Salah satunya melalui implementasi teknologi Narrowband Internet of Things (NB-IoT) ke dalam alat ukur penggunaan air sebagai solusi yang disebut Smart Water Meter.

Solusi Smart Water Meter dari Telkomsel ini akan meningkatkan efisiensi dan pelayanan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) kepada pelanggan karena dapat membaca data penggunaan air secara real-time.

Dengan sistem ini bisa mengurangi potensi kesalahan di water meter, dan dapat diintegrasikan dengan sistem prabayar. Pada tahap awal penerapannya, Smart Water Meter akan tersedia di wilayah Surabaya dan Makassar, ke depannya akan mencakup 12 kota besar Indonesia lainnya.

Telkomsel pun turut terlibat dalam transformasi digital di transportasi. Salah satunya, melalui kerja sama Telkomsel dengan Blue Bird yang menghadirkan solusi teknologi digital untuk meningkatkan efisiensi dan produktivitas.

Kolaborasi ini juga ditujukan untuk meningkatkan produktivitas dan kepuasan kerja pengemudi taksi perusahaan. Kehadiran Telkomsel pada perusahaan transportasi ini pun akan memperkuat langkah Bluebird dalam menghadapi industri 4.0, sekaligus mendukung upaya peningkatan efisiensi dan produktivitas perusahaan.

Dengan akselerasi transformasi digital bagi kemajuan industri, layanan B2B ini bisa menjadi solusi yang dapat membawa perubahan positif bagi bisnis Bluebird dalam pengembangan bisnis.

Tidak berhenti di situ, Telkomsel aktif mengembangkan sistem ekonomi digital guna mengakselerasi pembangunan bangsa. Salah satu aktivitas yang paling kentara dari transformasi ini adalah aktifnya Telkomsel untuk mendanai startup potensial.

Melalui anak usahanya Telkomsel Mitra Inovasi (TMI), Telkomsel telah menyuntikkan dana lebih dari US$ 40 juta dalam pengembangan startup seperti Kredivo, PrivyID, Qlue, Halodoc, Tanihub, Tada, SiCepat, dan Inspigo.

Telkomsel juga secara langsung sudah menyuntikkan dana di PT Karya Anak Bangsa (Gojek) dengan total nilai US$ 450 juta. Kolaborasi ini punya misi besar mendigitalisasi jutaan UMKM yang selama ini jadi tulang punggung ekonomi Indonesia. Membawa UMKM naik kelas menjadi bisnis kekinian.

Suntikan dana ini tidak boleh dipandang sebagai aksi bakar uang, namun harus dilihat sebagai investasi masa depan untuk memperkuat ekosistem. Dalam dunia digital, ekosistem menjadi kunci utama agar dapat memenangkan persaingan.

Dengan ekosistem yang terpadu dengan startup, Telkomsel akan dapat melayani pelanggan dengan lebih baik. berbagai kebutuhan pelanggan akan mampu dilayani oleh Telkomsel. Istilahnya Telkomsel akan menjadi super app yang menawarkan one stop solution bagi pelanggannya.(*)

Editor: Yunike Purnama
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS