Tanpa Gas dari Rusia, Jerman Mulai Menyerah

Eva Pardiana - Jumat, 29 April 2022 05:37
Tanpa Gas dari Rusia, Jerman Mulai MenyerahFasilitas Gasprom Rusia (sumber: Gasprom)

BERLIN — Salah satu perusahaan energi terbesar Jerman, Uniper, menyatakan tengah bersiap membeli gas Rusia menggunakan sistem pembayaran yang diminta Rusia. Langkah ini menurut para kritikus akan melemahkan sanksi Uni Eropa.

Uniper mengatakan bakal membayar dalam euro yang akan dikonversi menjadi rubel. Ini  memenuhi permintaan Kremlin yang menginginkan semua transaksi dilakukan dalam mata uang Rusia.

Perusahaan energi Eropa lainnya dilaporkan juga bersiap melakukan hal serupa di tengah kekhawatiran soal pengurangan pasokan. Uniper mengatakan tidak punya pilihan selain mengatakan masih mematuhi sanksi Uni Eropa.

Mereka menganggap konversi pembayaran yang sesuai dengan undang-undang sanksi dan dekrit Rusia dimungkinkan.

Juru bicara perusahaan itu kepada BBC mengatakan bagi perusahaannya dan juga Jerman secara keseluruhan, tidak mungkin untuk tidak menggnakan  gas Rusia, setidaknya dalam jangka pendek. “Jika dipaksakan, itu akan memiliki konsekuensi dramatis bagi perekonomian negara,” katanya Kamis, 29 April 2022.

Sementara itu, pemasok  energi terbesar Jerman, RWE, menolak berkomentar mengenai bagaimana mereka akan membayar gas Rusia.

Pada akhir Maret 2022, Rusia mengatakan negara-negara yang tidak bersahabat harus mulai membayar minyak dan gasnya dalam rubel. Rusia melakukan ini  untuk menopang mata uangnya setelah sekutu Barat membekukan miliaran dolar yang dipegangnya dalam mata uang asing di luar negeri.

Berdasarkan dekrit tersebut, importir Eropa harus membayar euro atau dolar ke rekening di Gazprombank. Cabang  usaha Gazprom yang berbasis di Swiss dan kemudian mengubahnya menjadi rubel di rekening kedua di Rusia.

Komisi Eropa mengatakan pekan lalu bahwa jika pembeli gas Rusia dapat menyelesaikan pembayaran dalam euro dan mendapatkan konfirmasi sebelum konversi ke rubel terjadi, itu tidak akan melanggar sanksi.

Namun, pada Kamis, seorang pejabat UE mengonfirmasi bahwa setiap upaya untuk mengubah uang tunai menjadi rubel di Rusia akan menjadi  penghindaran sanksi. Hal ini  karena transaksi tersebut akan melibatkan Bank Sentral Rusia.

Pada Selasa, Polandia dan Bulgaria keduanya menolak untuk membayar gas dalam rubel. Sikap ini  yang menyebabkan perusahaan gas negara Rusia Gazprom menutup pasokan. Kedua negara itu juga telah merencanakan untuk tidak memperbarui kontrak mereka dengan Gazprom ketika mereka berakhir nanti pada tahun 2022. Sementara Hungaria dan Slovakia keduanya secara terbuka mengatakan mereka akan menggunakan metode pembayaran konversi Rusia. 

Eropa mendapatkan sekitar 40% gas alamnya dari Rusia, tetapi untuk beberapa negara jumlahnya jauh lebih tinggi dan pengurangan pasokan yang tiba-tiba dapat berdampak besar pada ekonomi.

Menurut Financial Times, raksasa energi Austria, OMV, pun berencana untuk mengadopsi mekanisme tersebut sementara Eni Italia sedang mempertimbangkan langkah serupa. Namun, kepada BBC, Eni menolak berkomentar, sementara OMV membantah telah membuka rekening di Swiss dengan Gazprom.  (*) 

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Amirudin Zuhri pada 29 Apr 2022 

Editor: Eva Pardiana

RELATED NEWS