Tak Hanya Motor dan Mobil, Berikut Bisnis Fantastis Honda

Yunike Purnama - Sabtu, 30 September 2023 19:31
Tak Hanya Motor dan Mobil, Berikut Bisnis Fantastis HondaIlustrasi pesawat honda (sumber: Ist)

JEPANG - Honda sejak lama dikenal sebagai produsen motor dan mobil terkemuka di dunia. Melansir dari Britannica, perusahaan Honda didirikan oleh seorang insinyur bernama Honda Soichiro pada tahun 1946. Awalnya perusahaan ini berfokus pada pengembangan mesin pembakaran internal kecil serta efisien. 

Pada tahun 1948, perusahaan tersebut resmi didirikan sebagai Honda Motor Company, dan produksi sepeda motor dimulai pada tahun 1949 dengan peluncuran Honda C-100 pada tahun 1953. Pada tahun 1959, Honda memperluas pasarnya dengan mendirikan American Honda Motor Company, anak perusahaan Amerika Serikat, yang mulai memproduksi sepeda motor pada tahun 1979 dan mobil pada tahun 1982. 

Salah satu prestasi perusahaan yang penting dalam sejarah terjadi pada tahun 1969, ketika Honda memperkenalkan CB750, yang diakui sebagai "superbike" pertama di dunia dengan mesin berkapasitas 750 cc, rem cakram, dan starter elektrik.

Meskipun Honda mendominasi sebagai produsen sepeda motor terbesar di dunia, ternyata Honda tidak hanya memproduksi motor dan mobil saja. Berikut adalah sejumlah lini bisnis lain yang dimiliki Honda melansir dari berbagai sumber.

1. Pesawat

Melalui Honda Aircraft Company, perusahaan asal negeri sakura ini memproduksi pesawat pribadi yang diklaim dibuat untuk merevolusi perjalanan penerbangan dengan inovasi terbaru di setiap armadanya. Honda Aircraft Company disebut menghadirkan teknologi tercanggih, menawarkan kecepatan, kenyamanan, dan efisiensi bahan bakar, menjadikan penerbangan pribadi dapat diakses oleh khalayak yang lebih luas. 

Lini pesawat Honda ini diklaim telah mengembangkan teknologi penerbangan canggih untuk meningkatkan aerodinamis, meningkatkan efisiensi bahan bakar di setiap HondaJet, serta mengurangi emisi CO2 tanpa mengorbankan performanya.

Honda Aircraft Company adalah anak perusahaan yang sepenuhnya dimiliki oleh American Honda Motor Co., Inc. Didirikan pada tahun 2006, Honda Aircraft bertanggung jawab atas desain, manufaktur, penjualan, servis dan dukungan dari HondaJet. 

2. Mesin Kapal

Honda melalui Honda Marine menjual berbagai macam mesin tempel 4-stroke untuk kapal mulai dari 2 hingga 250 tenaga kuda. Honda mengklaim pihaknya merupakan pionir dalam mesin tempel 4-stroke serta menjunjung tinggi nilai-nilai ketahanan dan keandalan Honda. 

Banyak mesin kelautan milik perusahaan ini yang disebut juga menggunakan teknologi otomotif dan mobil balap canggih yang ditemukan pada mobil-mobil produksi Honda.

3. Berbagai Peralatan 

Melalui Honda Power Equipment, Honda menjual berbagai macam peralatan yang dapat digunakan untuk berbagai keperluan. Honda menjual mulai dari alat pemotong rumput, pompa air, generator listrik, hingga alat peniup salju. 

Hingga saat ini lini bisnis Honda ini telah menawarkan 70 model berbagai peralatan yang diciptakan untuk penggunaan pribadi maupun komersial.

4. Robot

Honda juga pernah mengembangkan sebuah robot humanoid yang didesain untuk membantu aktivitas manusia sehari-hari pada tahun 2000 silam. Robot tersebut diberi nama ASIMO, yang merupakan singkatan dari “Advanced Step in Innovative Mobility” atau “Langkah Terdepan dalam Inovasi Mobilitas.”

Namun Honda menghentikan proyek pengembangan robot ini karena dianggap tidak memenuhi untuk syarat dikomersialkan.

Honda terbilang menjadi salah satu perusahaan dengan inovasi yang tinggi di bidang teknologi. Hal tersebut dibuktikan dengan menjadi pengembang berbagai teknologi pertama di dunia yang salah satunya adalah robot Humanoid ASIMO meskipun tidak pernah benar-benar dikomersilkan.(*)

Editor: Redaksi
Tags PesawatBisnis HondaBagikan
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS