Tak Ganggu Kinerja, Ternyata Ini Kelebihan Work From Home

Yunike Purnama - Sabtu, 26 Agustus 2023 14:18
Tak Ganggu Kinerja, Ternyata Ini Kelebihan Work From HomeSemenjak pandemi, kita dituntut untuk mampu terus beradaptasi dengan kondisi bekerja. Salah satunya dengan sistem bekerja work from home (WFH). (sumber: Pexels)

BANDARLAMPUNG - Semenjak pandemi, kita dituntut untuk mampu terus beradaptasi dengan kondisi bekerja. Salah satunya dengan sistem bekerja work from home (WFH).

Work from home pada dasarnya adalah sistem kerja di mana karyawan dapat bekerja dari rumah. WFH memungkinkan karyawan untuk bekerja secara remote dan menggunakan teknologi untuk tetap terhubung dengan tim dan menyelesaikan tanggung jawab mereka.

Dikutip dari Pscyhology Today, sebuah survei yang dilakukan PricewaterhouseCoopers menyebut bahwa 83% perusahaan melaporkan bahwa transisi ke pekerjaan remote telah berhasil sehingga bisa menghasilkan peningkatan produktivitas dan kepuasan karyawan. 

Melihat fenomena ini, seorang pakar kepemimpinan Ryan C. Warner Ph.D. menyebutkan faktor-faktor yang menyebabkan sistem WFH bisa sukses adn meningkatkan produktivitas. 

1. Fleksibilitas 

Pekerjaan remote memungkinkan karyawan bekerja dengan menyesuaikan lingkungan kerjanya. Hal ini akan menciptkaan rasa otonomi dan kontrol atas kondisi kerja. 

Pada akhirnya semua perasaan ini akan mengarah pada peningkatan kepuasaan kerja dan rasa keseimbangan dalam kehidupan pribadi dan pekerjaan. 

2. Kemajuan Teknologi 

Kemajuan teknologi komunikasi memainkan peran penting dalam menjembatani kesenjangan antara teman kerja jarak jauh. 

Pemanfaatan konferensi video, alat kolaborasi, dan aplikasi pesan instan dapat membantu memastikan tim tetap terhubung dan produktif. 

3. Fokus pada Hasil 

Pekerjaan remote mengalihkan penekanan pada pemantauan kerja ke pengukuran hasil. Pendekatan berbasis hasil ini memupuk budaya kerja yang berorientasi pada hasil sehingga akan meningkatkan produktivitas dan kreativitas. 

4. Mengurangi Pejalanan dan Meningkatkan Kesejahteraan 

Menghilangkan rutinitas perjalanan dari rumah ke kantor dapat berkontribusi terhadap pengurangan stres dan peningkatan kesejahteraan di kalangan karyawan. 

Telebih ketika jalanan macet dan jarak rumah ke kantor yang lumayan jauh. Hal ini, pada akhirnya akan berpengaruh pada peningkatan kinerja dan keterlibatan kerja.(*)

Editor: Redaksi
Tags Kelebihan WFHWFHBagikan
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS