Susul J&T, Startup OnlinePajak Jadi Unicorn Ketujuh Indonesia

Yunike Purnama - Rabu, 21 Juli 2021 15:07
Susul J&T, Startup OnlinePajak Jadi Unicorn Ketujuh IndonesiaOnlinePajak Jadi Unicorn Ketujuh Indonesia (sumber: Ist)

Kabarsiger.com, JAKARTA - Laporan CB Insights bertajuk ‘The Complete List of Unicorn Companies’ menunjukkan, OnlinePajak menjadi unicorn ketujuh Indonesia. Valuasi startup perpajakan ini US$ 1,7 miliar atau sekitar Rp 24,75 triliun.

Saat ini, Indonesia memiliki satu decacorn atau startup dengan valuasi lebih dari US$ 10 miliar yakni Gojek. Sedangkan lima unicorn lainnya yaitu Bukalapak, Tokopedia, Traveloka, OVO, dan J&T.

OnlinePajak menyusul J&T yang menyandang status unicorn pada April lalu. “OnlinePajak mendapatkan total pendanaan US$ 37 juta dari delapan investor,” demikian dikutip dari CB Insights, Rabu (21/7/2021).

Pada dua pekan lalu, OnlinePajak dikabarkan memperoleh pendanaan seri C hampir US$ 12 juta, menurut data dari VentureCap Insights. Investor yang memimpin yakni Tencent dan Altos Ventures dengan investasi hampir US$ 5 juta.

Investor lain yang berpartisipasi yakni Warburg Pincus dengan investasi US$ 2 juta. “VentureCap mematok valuasi OnlinePajak sekitar US$ 179 juta,” demikian dikutip dari Tech In Asia.

Startup penyedia perangkat lunak atau software-as-a-service (SaaS) bidang perpajakan itu mengumpulkan dana US$ 25 juta dalam pendanaan seri B pada Oktober 2018. Ini dapat dari Warburg Pincus, Endeavour Catalyst, Global Innovation Fund.

Investor lama seperti Alpha JWC Ventures, Sequoia Capital, dan Primedge juga ambil bagian dalam putaran pendanaan seri B tersebut. (*)

Tags unicornBagikan
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS