Sudah Nikmati Experience Super App MyTelkomsel? Cukup Satu Aplikasi Semua Jadi Makin Gampang

Yunike Purnama - Rabu, 18 September 2024 16:56
Sudah Nikmati Experience Super App MyTelkomsel? Cukup Satu Aplikasi Semua Jadi Makin GampangIlustrasi saat menggunakan Super App MyTelkomsel (sumber: Yunike Purnama/Kabarsiger)

BANDARLAMPUNG - Masifnya perkembangan teknologi menciptakan sebuah gaya hidup digital sebagai hubungan antara teknologi dan manusia dalam kehidupannya sehari-hari. 

Perkembangan inipun berpengaruh pada era inovasi dengan berlomba menjadi terdepan menghadirkan layanan dengan fungsionalitas lebih mudah dan lebih luas.

Paham akan perubahan kebutuhan masyarakat yang semakin agresif memanfaatkan perkembangan teknologi, Telkomsel terus bertransformasi menghadirkan layanan yang menjawab semua kebutuhan pelanggannya, salah satunya melalui super app MyTelkomsel.

Dengan menerapkan AI atau kecerdasan buatan, Transformasi MyTelkomsel menjadi salah satu fokus perubahan terbesar Telkomsel yang berhasil menghadirkan sebuah super app.

Kini aplikasi MyTelkomsel tidak hanya berfungsi sebagai alat untuk mengelola layanan telekomunikasi. Namun, turut menjadi platform serba guna yang mencakup berbagai aspek gaya hidup digital memenuhi kebutuhan para pelanggannya.

Kalau dahulu fitur di aplikasi MyTelkomsel disebut sebagai 'Menu' yang hanya memberikan layanan isi ulang pulsa/paket internet, mengecek penggunaan paket internet, mencari gerai GraPARI, melihat jumlah dan menukar poin.

Saat ini setelah bertransformasi menjadi Super App, kini fitur yang hadir dalam MyTelkomsel disebut dengan 'Mall' karena sudah mampu memenuhi seluruh kebutuhan pelanggannya hanya dalam satu aplikasi. Hadir dengan peningkatan signifikan dan tampilan yang lebih segar, modern dan minimalis membuat navigasi menjadi lebih mudah dan efisien.

Pencarian Kebutuhan Makin Mudah dengan Teknologi AI

Beragam fitur di Super App MyTelkomsel. Foto: Yunike Purnama/Kabarsiger

Dalam penggunaan AI, Telkomsel kerjasama dengan perusahaan raksasa internet Google pada aplikasi MyTelkomsel, sehingga mempermudah dalam memenuhi seluruh kebutuhan pelanggannya. Fungsi dalam penggunaan teknologi AI ini, ketika pengguna melakukan pencarian tentang fitur apa pun yang sedang dibutuhkan maka pengguna tak akan lagi merasa kesulitan.

Untuk experiencenya tim Kabarsiger langsung mencoba saat mencari fitur 'Fita' yang merupakan layanan pola hidup sehat, ternyata langsung diarahkan ke aplikasi Fita dan bisa diakses dalam commerce super app MyTelkomsel tanpa harus download aplikasi Fita.

Fitur Health

Kemudian tim Kabarsiger juga mencoba, fitur terbaru yang dihadirkan MyTelkomsel yakni fitur 'Health' yang ternyata bisa untuk mencatat performa olahraga lari seperti set target & update statistik, trek berlari di indoor & outdoor, tantangan leaderboard & reward hingga layanan halodoc.

Ternyata dipilihnya olahraga lari, karena sejalan dengan tren gaya hidup masyarakat modern saat ini. Maka Telkomsel menjawab kebutuhan tersebut dengan menghadirkan layanan Health dalam aplikasi MyTelkomsel.

Dalam fitur lari ini selayaknya seperti memiliki asisten pribadi yang melakukan pencatatan target pribadi, total lari harian mulai dari jarak, rata-rata kalori dan pencatatan waktu selama olahraga lari.

Fitur Travel

Selanjutnya ada fitur 'Travel' juga menjadi bentuk komitmen Telkomsel dalam merespon kebutuhan para pelanggannya, terutama saat akan melakukan penerbangan.

Dalam fitur Travel, Telkomsel kembali memanjakan pelanggannya seperti memiliki asisten pribadi, seperti di aplikasi MyTelkomsel sudah bisa membeli tiket pesawat kerjasama dengan traveloka, kemudian ada fitur

pantau pesawat hingga mengecek status penerbangan dan semua ini bisa dilakukan hanya dalam satu aplikasi tanpa download aplikasi lain.

"Kami fokus memudahkan pelanggan saat bepergian, biasanya pelanggan mengecek dahulu kesiapan paket internetnya sebelum pergi dan khusus yang menggunakan pesawat bisa langsung pesan tiket hingga mengecek status penerbangan cukup melalui aplikasi MyTelkomsel, jadi hanya dalam satu aplikasi semua kebutuhan pelanggan dapat tercover,"ujar Mobile Consumer Telkomsel Branch Lampung Muzlin Manurung saat sharing session bersama media pada Kamis, 12 September 2024.

Fitur Payment

Setelah fitur Travel, tentu diiringi dengan fitur payment yang kini sudah hadir di aplikasi MyTelkomsel. Fitur ini berguna untuk berbelanja dan melakukan pembayaran dari berbagai platform yang sudah bekerjasama dengan Telkomsel.

Sesuai dengan konsistennya menjadi Super App, pada MyTelkomsel juga terdapat fitur belanja tampilan yang dihadirkan juga sudah seperti e-commerce dengan menghadirkan pilihan barang UMKM lokal, produk kecantikan, bisa beli smartphone hingga pembelian voucher belanja yang terdiri dari lebih dari 100 brand, serta belanja barang physical goods yang terdiri dari lebih dari 70 brand lokal.

Kemudian, update fitur baru di MyTelkomsel kini tidak hanya bisa top up pulsa atau paket internet, tetapi juga bisa untuk pembayaran Indihome, BPJS, PLN, top up games yang pembayarannya bisa dalam fitur 'Bayar Sekaligus' jadi akan sangat memudahkan dan membantu pelanggan saat bertransaksi.

Kemudahan fitur Payment di MyTelkomsel menghadirkan pembayaran parkir secara otomatis yang terkoneksi dengan platform LinkAja, sehingga pelanggan tidak perlu repot membuka jendela dan mengambil karcis. Saat ini hanya baru tersedia di beberapa lokasi tertentu.

Fitur Entertainment

Dalam memenuhi kebutuhan hiburan untuk pelanggan, Telkomsel bekerjasama dengan beberapa platform seperti INFIA, MAXStream, Langit Musik, Noice, SEA Today dan Video.

Dari fitur ini pelanggan dapat menikmati hiburan mulai dari streaming video, mendengarkan musik dan podcast, membaca artikel, fitur gamifikasi untuk bermain games seperti Tahilalats Battle Royal, Kelaperun, Jelajah Nusantara, Stamp Berhadiah dan game lainnya di Game Hub.

Fitur Gaya Hidup Digital

Dalam fitur ini pelanggan dapat dengan mudah membeli paket Telkomsel Prabayar, Telkomsel Halo, IndiHome, Orbit, Telkomsel One hanya dalam satu aplikasi. Kemudian untuk log in bisa menggunakan nomor Telkomsel, Orbit atau nomor Indihome untuk masuk ke akun mereka.

Para pelanggan juga bisa mendapatkan berbagai penawaran menarik dengan harga yang terjangkau. Seperti Paket Internet Sakti 8GB 30 hari Telkomsel Prabayar bisa didapatkan dengan harga Rp 23 Ribu, paket Unlimited 500 GB 1 hari Rp 10 Ribu, ada juga paket mulai dari Serba Rp 5 Ribu dengan modal receh dapatkan kemewahan keseruannya dengan kuota 5 GB, langganan WeTV, 15 diamonds Mobile Legend dan telpon.

Kemudian ada juga Paket Dynamic dari Indihome yang menarakan kuota keluarga 50 GB + indihome 30 Mbps hanya dengan Rp 250 ribu dan masih banyak lagi promo menarik di MyTelkomsel.

Berikan Banyak Layanan, Tak Buat Smartphone Lambat

Muzlin memaparkan, meski ada banyak fitur dan menu didalamnya, aplikasi MyTelkomsel ini tidak berat ketika dijalankan di smartphone karena Telkomsel menggunakan teknologi di cloud sehingga ponsel tetap bisa menjalankan aplikasi dengan normal.

Terpantau dari tim Kabarsiger mengecek aplikasi super app MyTelkomsel hanya memakai ruang penyimpanan smartphone hanya 504 MB.

Dengan memiliki aplikasi MyTelkomsel sebagai super app di smartphone pengguna tak membutuhkan banyak aplikasi di smartphone mereka. Pasalnya, semua layanan bisa dipenuhi, termasuk pengukuran aktivitas olahraga, membayar tagihan, pesan tiket pesawat, dan lainnya. (*)

Editor: Redaksi
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS