Startup Pitching Competition Tunjukkan Startup Lampung Makin Berkembang

Eva Pardiana - Senin, 15 November 2021 20:07
Startup Pitching Competition Tunjukkan Startup Lampung Makin BerkembangKetua FSL Agung Fitriansyah (kanan) dan Sekretaris FSL Rejive Dewangga (kiri) melakukan penilaian terhadap 123 startup yang mendaftar di ajang Startup Pitching Competition. (sumber: Dok. FSL)

BANDARLAMPUNG – Bisnis rintisan (startup) digital semakin berkembang di Provinsi Lampung. Ide-ide startup kreatif dan inovatif mampu diciptakan oleh generasi muda di Bumi Ruwa Jurai.

Sekretaris Forum Startup Lampung (FSL) Rejive Dewangga mengatakan percepatan pertumbuhan tersebut dilihat dari antusiasme para pendaftar yang begitu tinggi dalam ajang Startup Pitching Competition.

Startup Pitching Competition merupakan bagian dari rangkaian agenda Lampung Milenial Digital Festival 2021. Pendaftaran kompetisi itu dimulai sejak 22 Oktober dan ditutup pada 8 November 2021.

Rejive mengatakan dalam Startup Pitching Competition sebanyak 123 startup telah mendaftar. Dari jumlah tersebut, pihaknya menyaring 12 startup sebagai finalis.

“Ada beberapa kriteria penilaian yang dilakukan yakni pertama, kejelasan penyusunan komponen dan elemen pitch desk. Kedua, startup tersebut sudah dalam tahap implementasi dan validasi. Ketiga, teknologi yang digunakan dan bisnis model startup,” kata dia, Senin (13/11/2021).

Sebanyak 12 startup yang menjadi finalis di antaranya Ojesa, Mahan, Nuwo Desain, Bejana, Ucapan Store, Trash Point, Indesa, Garma, Tetawai, BESD Group, Madyolife, dan Pandaiko.

Startup yang menjadi finalis bergerak di berbagai bidang mulai dari pendidikan, pertanian, layanan jasa, big data, perdagangan, lingkungan hidup, hingga sosial.

“Tahap selanjutnya ke-12  startup itu diminta untuk mempresentasikan posisi dan kondisi saat ini dalam video berdurasi lima menit. Selain itu, memaparkan kelebihan baik segi inovasi, bisnis model, prototipe, dan jumlah omzet,” ujar Rejive.

Sementera itu, Ketua FSL Agung Fitriansyah mengatakan 12 finalis akan kembali disaring menjadi 6 pemenang. Rinciannya, 3 pemenang utama dan 3 juara harapan secara berurutan. Pengumuman direncanakan berlangsung di Aula Pusdiklatda Intan Pura Kwarda Pramuka Lampung, pada Sabtu (20/11/2021).

Selanjutnya, keenam startup tersebut akan mendapatkan pendampingan secara berkelanjutan. "Selain mentoring, mereka akan dibantu untuk dipertemukan dengan calon investor dalam rangka untuk mengakselerasi kemajuan bisnis mereka," ujar Agung.

Menurutnya, pesatnya pertumbuhan startup lokal baru dapat mengerek pertumbuhan ekonomi Lampung. Adanya startup membuat ekonomi kreatif akan tumbuh pesat sehingga terjadi perputaran ekonomi baru. Bahkan dapat membuka lapangan kerja," ujarnya.

Hal yang tidak kalah penting, lanjutnya, kemunculan startup juga berkontribusi melahirkan solusi bagi berbagai masalah yang dihadapi masyarakat dan pemerintah. (*)

Editor: Eva Pardiana

RELATED NEWS