Snapchat Rilis Fitur Dreams, Apa Fungsinya?

Yunike Purnama - Minggu, 10 September 2023 10:26
Snapchat Rilis Fitur Dreams, Apa Fungsinya?Snapchat telah memperkenalkan fitur selfie AI baru yang disebut Dreams. (sumber: Freepik)

AS - Selama beberapa bulan terakhir, teknologi AI generatif telah digunakan oleh semakin banyak segmen industri dan jasa. Selain itu, platform media sosial tampaknya juga tidak mau kalah dengan mencoba mengintegrasikan kecerdasan buatan ke dalam aplikasi mereka sehingga makin meningkatkan kenyamanan pengalaman pengguna.

Dengan mempertimbangkan kemajuan dan persaingan di bidang teknologi kecerdasan buatan atau AI, Snapchat telah memperkenalkan fitur selfie AI baru yang disebut Dreams. Fitur tersebut memungkinkan pengguna menghasilkan foto atau gambar sesuai dengan berbagai tema yang disediakan dalam aplikasi.

Fitur Dreams untuk Selfie AI dari Snapchat

Anda tentu ingat tren beberapa waktu yang lalu di mana banyak orang yang mengambil foto selfie dari ponsel dengan filter anjing Snapchat, di mana aplikasi langsung mengeluarkan lidah anjing setelah pengguna membuka mulut.

Inilah saatnya pengguna ikut merasakan teknologi fitur augmented reality di aplikasi media sosial berbagi foto tersebut.

Seperti yang telah Anda ketahui, kita sekarang telah memasuki era AI di mana kita dapat mengubah gambar atau foto sederhana menjadi sesuatu yang benar-benar berbeda. Sebelum membuat gebrakan ini, Snapchat sendiri telah memperkenalkan fitur chatbot yaitu My AI tahun ini yang digemari oleh para pengguna. Kini, Snapchat telah meluncurkan fitur selfie AI bernama Dreams yang menggunakan AI generatif untuk mengubah foto menjadi foto yang lebih fantastis.

Dilansir dari blog Snapchat, pengguna bahkan dapat membuat suatu identitas baru sesuai dengan tema yang diberikan, misalnya putri duyung di lautan yang dalam atau foto dengan tema kerajaan era Renaisans. Selain itu, pengguna juga dapat membuat hingga delapan potret selfie AI generatif. Sebelumnya, pengguna harus terlebih dahulu mengunggah foto selfie mereka dari berbagai sudut, seperti yang sering dilakukan ketika menggunakan fungsi pengenalan wajah. Kemudian, aplikasi akan menghasilkan foto atau gambar berdasarkan tema pilihan Anda. Menurut laporan dari The Verge, fitur baru tersebut dikatakan mirip dengan Lens, sebuah aplikasi foto AI.

Untuk mengakses fitur Dreams, Anda harus membuka fitur Memories, tempat semua gambar Snapchat disimpan. Kemudian, Anda akan melihat tab yang baru diluncurkan yaitu Dreams. Anda juga dapat membuka tab dan mulai membuat foto AI generatif Anda sendiri.

Versi gratis aplikasi Snapchat memiliki delapan tema yang tersedia sedangkan versi premiumnya menyertakan tema tambahan untuk memudahkan pengguna melakukan eksperimen. Meski begitu, fitur tersebut baru akan disediakan secara bertahap dimulai dari Australia dan Selandia Baru. Dalam beberapa minggu kemudian, fitur selfie AI baru akan tersedia untuk semua pengguna secara global.(*)

Editor: Redaksi
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS