SiCepat Diguyur Dana Rp2,4 Triliun dari Delapan Investor

Yunike Purnama - Sabtu, 06 Maret 2021 05:00
SiCepat Diguyur Dana Rp2,4 Triliun dari Delapan InvestorIlustrasi layanan SiCepat. (sumber: Ist)

Kabarsiger.com - Perusahaan rintisan yang bergerak di bidang logistik, SiCepat, mengumumkan telah menerima pendanaan Seri B sebesar USD170 juta, atau senilai Rp2,4 triliun. Pendanaan ini didapatkan sekaligus dari delapan investor sekaligus.

Dikutip dari laman TechCrunch, Jumat (05/03/2021), perusahaan yang berdiri sejak 2014 ini telah melayani pengiriman logistik dari pedagang kecil, kini telah melayani sejumlah platform e-commerce terbesar di Indonesia, seperti Tokopedia, Bukalapak, Lazada dan Shopee. Sekarang, bisnis mereka sudah merambah ke pengiriman last-mile, warehousing, fulfillment, dan beberapa layanan untuk membantu perkembangan industri perdagangan.

Kedelapan investor yang mengucurkan dana tersebut, antara lain Falcon House Partners; Kejora Capital; the German Development Finance Institution; MDI Ventures; Indies Capital; Pavilion Capital; Tri Hill; dan Daiwa Securities. Sebelumnya perusahaan ini sempat mengumumkan kucuran dana Seri A sebanyak USD50 juta, atau sekitar Rp716,65 miliar di bulan April 2019.

Pendiri sekaligus direktur utama Onstar Express (perusahaan induk SiCepat), Kim Hai, mengatakan pendanaan ini akan digunakan untuk menempatkan SiCepat sebagai pemimpin di bidang logistik, dan mengupayakan ekspansi ke kawasan Asia Tenggara. Dia juga mengklaim perusahaan ini sudah mendapatkan keuntungan dan melayani lebih dari 1,4 juta paket per hari sepanjang tahun 2020.

SiCepat fokus untuk melayani pengiriman dari e-commerce dan social commerce, atau penjualan yang dilakukan melalui jaringan media sosial.

Managing Partner Kejora Capital, Sebastian Togelang, menyebut pasar e-commerce Indonesia mengalami peningkatan yang sangat pesar, di mana setiap tahun mengalami diperkirakan akan bertambah hingga 21 persen, dengan nilai perdagangan diperkirakan bakal mencapai USD80 biliun pada 2025 mendatang. (*)

Bagikan:
Yunike Purnama

Yunike Purnama

RELATED NEWS