Setelah Rilis MacBook Pro M3, Apple Diam-diam Hentikan Produksi MacBook Pro 13 Inci dengan Touch Bar

Yunike Purnama - Jumat, 03 November 2023 07:32
Setelah Rilis MacBook Pro M3, Apple Diam-diam Hentikan Produksi MacBook Pro 13 Inci dengan Touch BarUsai memperkenalkan produk MacBook Pro baru yang didukung dengan M3, Apple dikabarkan diam-diam ‘mematikan’ MacBook Pro 13 inci dengan Touch Bar. (sumber: Apple)

BANDARLAMPUNG - Usai memperkenalkan produk MacBook Pro baru yang didukung dengan M3, Apple dikabarkan diam-diam ‘mematikan’ MacBook Pro 13 inci dengan Touch Bar.

Acara Apple Scary Fast yang dilangsungkan pada 31 Oktober 2023, Apple memamerkan chip Apple Silicon baru yaitu M3. Bersamaan dengan chip baru ini, Apple juga meluncurkan iMac terbarunya yang seperti Anda ketahui sudah hampir 3 tahun tidak diperbarui.

Dua MacBook baru juga turut dirilis dalam ukuran 14 inci dan 16 inci. Semua perangkat tersebut akan ditenagai oleh chip M3.

Sementara Mac baru diperkenalkan pada acara tersebut, ternyata Apple juga diam-diam mematikan salah satu MacBook lamanya yang dilengkapi teknologi Touch Bar yang unik.

Apple Hentikan MacBook Pro 13 Inci

Setelah acara Scary Fast, seperti yang dilansir Trenasia dari HT Tech pada Selasa, 31 Oktober 2023, MacBook Pro baru segera tersedia untuk pre-order di situs web Apple. Namun, sayangnya penggemar Apple harus melihat kenyataan bahwa MacBook Pro 13 inci dengan Touch Bar akan dihilangkan.

Perlu diketahui bahwa MacBook Pro 13 ini diluncurkan pada tahun 2020 lalu, di mana perangkat tersebut dilengkapi chip Apple M2 dengan 10 GPU core. Perangkat tersebut juga menampilkan Touch Bar yang telah diperbaiki yang awalnya keluar pada tahun 2016 dan menjanjikan pengalaman yang dinamis serta kemudahan saat digunakan.

Akan tetapi, hal itu tidak terjadi karena Apple justru menghilangkan Touch Bar secara bertahap, dengan munculnya jajaran MacBook Pro tahun 2021 meski varian 13 inci masih dijual. Namun kini, raksasa teknologi tersebut telah mencapai puncaknya pada fitur Touch Bar-nya yang bahkan tidak memperoleh fitur tambahan apapun setelah diluncurkan.

Itu artinya, MacBook Pro 13 inci dengan Touch Bar secara resmi mati, dengan munculnya MacBook Pro baru yang didukung M3 membentuk jajaran Mac terbaru Apple

MacBook Pro Baru

MacBook Pro baru

Produk MacBook Pro baru hadir dalam dua ukuran, yaitu 14 inci dan 16 inci. Keduanya bekerja mengandalkan chip M3. Apple mengatakan bahwa MacBook Pro 14 inci dijalankan menggunakan M3 yang 60 persen lebih cepat daripada MacBook Pro 13 inci dengan chip M1. Hal itu juga terjadi pada MacBook Pro 16 inci dengan M3 Pro yang diklaim 40 persen lebih cepat daripada pendahulunya.

Perlu diketahui bahwa semua model MacBook Pro mendukung memori terpadu hingga 128 GB, layar Liquid Retina XDR, kamera internal 1080p, sistem suara enam speaker yang imersif, dan berbagai pilihan konektivitas.

Apple juga mengklaim bahwa MacBook Pro baru ini memiliki daya tahan baterai hingga 22 jam, serta hadir dengan warna Space Black baru.

Itu tadi penjelasan mengenai MacBook Pro 13 inci dengan Touch Bar yang akan ‘dimatikan’ Apple sekaligus perilisan dua MacBook Pro baru yang didukung chip M3. Apakah Anda tertarik untuk membelinya?

Editor: Redaksi
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS