Sering Disepelekan, Ternyata Ini Pentingnya Rutin Menghapus Cache

Yunike Purnama - Sabtu, 06 Mei 2023 17:21
Sering Disepelekan, Ternyata Ini Pentingnya Rutin Menghapus CacheAnda mungkin pernah melihat istilah ‘cache’ ketika mengoperasikan smartphone atau komputer. (sumber: Freepik )

BANDARLAMPUNG - Anda mungkin pernah melihat istilah ‘cache’ ketika mengoperasikan smartphone atau komputer. Cache sendiri adalah sebuah tempat yang berfungsi untuk menyimpan semua informasi dari situs web yang Anda kunjungi.

Data yang disimpan di dalam cache ini akan mempercepat waktu loading dan memberikan akses cepat ke situs favorit Anda. Namun, jika Anda terlalu lama tidak membersihkan cache, hal tersebut dapat menyebabkan masalah seiring berjalannya waktu dan membuat ponsel Anda jadi semakin lambat.

Apa Itu Cache di Browser?

Cache yang ada di browser artinya adalah ruang penyimpanan sementara untuk menampung informasi dari situs web yang Anda kunjungi baru-baru ini. Cara kerjanya yaitu, setiap kali Anda membuka suatu situs web tertentu, maka browser akan menyimpan data dari situs seperti teks, gambar, video, dan sebagainya di cache.

Dengan menyimpan informasi-informasi tersebut, maka browser jadi lebih cepat memuat halaman web yang sama ketika Anda mengunjunginya lagi di waktu yang akan datang.

Manfaat Menghapus Cache di Ponsel atau Laptop

Meski cache Anda dapat meningkatkan pengalaman yang positif ketika menjelajahi berbagai situs web, cache juga memiliki kelemahan, yaitu menghentikan kinerja perangkat Anda ketika sudah terlalu penuh.

Saat Anda menjelajahi berbagai situs web, cache jadi terisi dengan semakin banyak informasi yang akhirnya memenuhi ruang penyimpanan di perangkat Anda. Hal inilah yang membuat perangkat dan browser Anda bekerja semakin lambat.

Tidak hanya itu, rutin menghapus cache di browser atau perangkat Anda juga akan membantu Anda mencegah serangan hacker yang menanam malware di konten cache.

Seberapa Sering Anda Harus Menghapus Cache?

Tidak ada ketentuan khusus seberapa sering Anda harus menghapus cache di perangkat Anda. Namun, Anda bisa menghapus cache ketika Anda mengalami masalah dalam memuat suatu halaman atau membutuhkan ruang penyimpanan yang lebih besar dan menghapus jejak digital Anda.

Cara Menghapus Cache di Browser Chrome

Bagi Anda yang ingin rutin menghapus cache di browser Chrome, ikuti beberapa langkah berikut ini.

1. Buka aplikasi Chrome, dan ketuk ikon tiga titik ‘More’.
2. Buka ‘History’, klik ‘Clear browsing data’.
3. Jika Anda memiliki ponsel Android, pilih bagian time range, atau pilih ‘All time’ untuk menghapus semuanya.
4. Centang kotak di samping ‘Cached images and files’.
5. Ketuk ‘Clear browsing data’.

Itu tadi penjelasan mengenai pentingnya rutin menghapus cache di perangkat sekaligus cara menghapus cache di browser yang Anda gunakan.(*)

Editor: Redaksi
Tags CacheBagikan
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS