Sering Disepelekan, Ini 3 Tanda yang Menunjunkan Anda Ternyata Pintar

Yunike Purnama - Jumat, 08 September 2023 08:40
Sering Disepelekan, Ini 3 Tanda yang Menunjunkan Anda Ternyata PintarIlustrasi (sumber: Freepik)

BANDARLAMPUNG - Pernahkah Anda merasa sebagai orang yang paling pintar ketika berada di sebuah ruangan? tak banyak orang yang merasa seperti itu. Namun, pernahkah Anda merasa bahwa sebenarnya kepintaran Anda diatas rata-rata jika dibandingkan dengan orang-orang di sekeliling Anda?

Perasaan lebih pintar kerap terjadi pada banyak orang. Lalu apakah perasaan itu nyata? Bagaimana caranya bisa tahu jika Anda atau seseorang sebenarnya pintar?

Berikut ini TrenAsia.com jaringan Kabarsiger.com merangkum 3 ciri orang sebenarnya pintar yang kerap disepelekan. 

1. Sering Menunda Sesuatu

Meskipun kita semua sering menunda-nunda, kebanyakan orang berasumsi bahwa menunda sesuatu yang penting menunjukkan kurangnya kecerdasan. Bagaimanapun, langkah cerdas adalah menghindari menunggu hingga menit terakhir.

Adam Grant seorang psikolog industri organisasi dan penulis buku manajemen sumber daya manusia terkenal Originals berpendapat bahwa penundaan adalah kunci inovasi. 

Pendapat ini didukung sebuah penelitian yang diterbitkan dalam  Journal of Research in Personality. Penelitian tersebut menemukan bahwa orang dengan IQ tinggi cenderung lebih suka menunda-nunda.

Menurut laman Inc, jika Anda menunda sesuatu hanya karena Anda merasa malas dan tidak ingin melakukannya, itu satu hal. Namun jika Anda menunda sesuatu karena merasa belum menemukan solusi terbaik, jalur terbaik, atau pilihan terbaik, menunggu untuk memulai bisa menjadi pendekatan paling cerdas untuk dilakukan.

2. Penyendiri

Terdengar masuk akal jika orang pintar senang menghabiskan waktu bersama orang pintar lainnya. Namun anehnya, hal ini sering kali tidak terjadi. Penelitian yang diterbitkan dalam  British Journal of Personality menemukan bahwa semakin banyak orang cerdas  bersosialisasi, mereka cenderung kurang bahagia.

Mengapa? Para peneliti berspekulasi bahwa salah satu alasannya adalah semakin pintar Anda, semakin fokus Anda dalam mencapai tujuan jangka panjang. Jika itu masalahnya, menghabiskan waktu bersama teman-teman, tidak peduli seberapa pintar mereka mungkin terlihat lebih mengganggu daripada membantu.

Jadi, jika Anda lebih suka menghabiskan waktu sendirian untuk fokus pada sebuah proyek, untuk meningkatkan keterampilan, untuk menyempurnakan rencana bisnis Anda, atau melakukan semua langkah yang diperlukan untuk mencapai tujuan Anda, itu mungkin membuat Anda menjadi seorang penyendiri.

3. Sering Berubah Pikiran

Pendiri Amazon Jeff Bezos pernah berpendapat bahwa nomor satu dari kecerdasan tinggi  adalah kemauan untuk berubah pikiran . 

“Orang-orang terpintar terus-menerus merevisi pemahaman mereka, mempertimbangkan kembali masalah yang mereka pikir telah mereka pecahkan. Mereka terbuka terhadap sudut pandang baru, informasi baru, ide-ide baru, kontradiksi, dan tantangan terhadap cara berpikir mereka sendiri,” pendapat Bezos dikutip dari Inc. 

Pendapat ini juga diamini oleh para ahli. Eksperimen yang dilakukan oleh Harvard Business Review menunjukkan bahwa berubah pikiran bisa saja membuat Anda terlihat kurang pintar, namun sebenarnya bisa menjadi ciri bahwa Anda adalah orang yang pintar. (*)

Editor: Redaksi
Bagikan
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS