Sering Diabaikan, Bukan Fokus Mengejar Kebahagiaan Ternyata Ini Bisa Bikin Kita Bahagia

Yunike Purnama - Sabtu, 11 Februari 2023 15:54
Sering Diabaikan, Bukan Fokus Mengejar Kebahagiaan Ternyata Ini Bisa Bikin Kita BahagiaSering Diabaikan, Bukan Fokus Mengejar Kebahagiaan Ternyata Ini Bisa Bikin Kita Bahagia (sumber: Pexels)

BANDAR LAMPUNG - Kapan terakhir kali Anda terbang dengan ayunan dan tertawa terbahak-bahak hingga mulai menangis? Jika Anda bahkan sudah tidak mengingatnya, Anda tidak sendiri.

Banyak dari kita yang masih belum pulih dari kebiasaan antisosial yang terbentuk selama pandemi.

Survei yang dilakukan oleh American Psychological Association pada 76% orang dewasa mengatakan stres mempengaruhi kesehatan mereka mulai dari sakit kepala, kelelahan, depresi, hingga gugup.

Obat stres ini mungkin tak pernah muncul dalam pikiran Anda, dua buku terbaru berpendapat bahwa membuat ruang untuk lebih banyak bersenang-senang dalam hidup Anda dapat mengantisipasi stres.

Dalam buku The Fun Habit: How The Disiplin Pursuit of Joy And Wonder Can Change Your Life , yang diterbitkan pada bulan Januari, karya psikolog Mike Rucker menyatakan bahwa mengejar pengalaman menyenangkan mungkin lebih berharga daripada mencari tujuan kebahagiaan yang terkadang abstrak.

"Kebahagiaan adalah keadaan pikiran," tulis Rucker. "Tetapi kesenangan adalah sesuatu yang dapat Anda lakukan. Kesenangan tidak membutuhkan pendidikan, uang, atau kekuasaan. Yang dibutuhkan hanyalah niat. Jika kebahagiaan adalah fatamorgana, kesenangan adalah oasis halaman belakang Anda," lanjutnya.

Jurnalis sains bernama Catherine Price, yang menulis buku The Power of Fun juga memiliki pandangan yang sama.

"Kita benar-benar meremehkan kegiatan bersenang-senang dan sangat santai dan ceroboh tentang bagaimana kami menggunakan kata itu" Kata Price. "Padahal, itu penting untuk kebahagiaan dan kesehatan kita" lanjutnya.

Letakkan gawai Anda dan mulailah mencoba sesuatu yang menurut Anda seru. Tanpa Anda sadari, Anda akan larut kedalam kegiatan tersebut dan merasa hidup Anda lebih ringan.(*)

Editor: Redaksi
Bagikan
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS