Semarak HUT Kemenkumham ke-78, Simak Sederet Prestasi Kemenkumham Lampung

Yunike Purnama - Senin, 21 Agustus 2023 12:28
Semarak HUT Kemenkumham ke-78, Simak Sederet Prestasi Kemenkumham LampungKanwil Kemenkumham Provinsi Lampung menggelar Upacara bendera dan potong tumpeng dalam rangka HUT ke-78 Kemenkumham (sumber: Yunike Purnama/Kabarsiger)

BANDARLAMPUNG - Dalam momentum peringatan HUT ke-78 Hari Kemenkumham (Hari Dharma Karya Dhika (HDKD) tahun 2023. Kantor wilayah Kementerian Hukum dan HAM Provinsi Lampung menggelar upacara bendera dan tasyakuran bertempat di Kanwil Kemenkumham Lampung pada Senin, 21 Agustus 2023. 

Mengusung tema 'Semakin Berkualitas Untuk Indonesia Maju', Peringatan HUT Kemenkumham ke-78 menjadi ajang silaturahmi segenap jajaran Kemenkumham bersama pemerintah daerah dan seluruh stakeholder dalam rangka peningkatan bakti kepada masyarakat untuk mewujudkan Indonesia Emas di tahun 2045.

“Upaya merefleksikan semangat segenap insan pengayoman di seluruh Indonesia dalam memberikan pengabdian terbaik dari waktu ke waktu yang diharapkan juga semakin berkualitas,”ungkap Kepala Kanwil Kemenkumham Provinsi Lampung Sorta Delima Lumban Tobing. 

Upacara bendera dalam rangka HUT ke-78 Kemenkumham RI. Foto: Yunike Purnama/Kabarsiger

Pada momentum ini, ia menyampaikan apresiasi kepada jajaran pemerintah daerah, instansi vertikal, mitra kerja, dan segenap aparatur sipil negara atas kehadiran, kerjasamanya, dan penghargaan yang diberikan.

Tercatat dalam kurun waktu setahun kebelakang, Kementerian Hukum dan HAM telah berhasil meraih peringkat pertama implementasi norma, stanfar, prosedur, dan kriteria (NSPK) dan kinerja terbaik dalam pengelolaan anggaran, mempertahankan Opini Wajar Tanpa Pengecualian sebanyak 14 kali.

“Dalam memperingati Hari Kemenkumham ke-78 menjadi saat yang tepat untuk merefleksikan dan mengevaluasi kinerja yang telah dilakukan oleh Kemenkumham selama ini. Evaluasi dilakukan untuk memperbaiki pelayanan di masa mendatang,”ujar Sorta.

Ia melanjutkan, sesuai dengan tema HUT Kemenkumham tahun ini 'Semakin Berkualitas Untuk Indonesia Maju' kedepan Kemenkumham Lampung akan terus bertransformasi untuk meningkatkan kinerja melalui penguatan layanan digital sebagai upaya mempercepat layanan, transparansi dan akuntabel. “Selain fokus transformasi penguatan layanan digital, peningkatan sinergitas dengan semua pihak juga akan terus dilakukan sebagai prioritas kinerja Kemenkumham Lampung,”papar Sorta. 

Prosesi penyerahan penghargaan. Foto: Yunike Purnama/Kabarsiger

Dalam upacara kali ini juga ada penyerahan Penghargaan kepada Bupati Lampung Utara atas Pemberian Hibah Tanah dan Fasilitas Penunjang Berjalannya Tusi Kanim Kelas II Non TPI Kotabumi, Penghargaan Kepada OBH Sejahtera Bersama Lampung atas Penyerapan Anggaran Litigasi dan Non Litigasi Terbaik Tahun Anggaran 2022, Penghargaan Kepada Rutan Sukadana atas Kinerja Publikasi Kehumasan terbaik, Penghargaan kepada pegawai pada UPT Pemasyarakatan dan Imigrasi atas prestasi yang diukirnya dalam menjalankan tugas dan fungsi.

Turut hadir mengikuti upacara Para Pimti Pratama Kantor Wilayah Kemenkumham Lampung, Kepala UPT se-Provinsi Lampung, Pejabat Administrasi dan Pejabat Fungsional Tertentu serta Tamu Undangan dari Mitra Kerja dan Forkopimda antara lain Kejaksaan Tinggi, Pemda Provinsi Lampung, Pemda Kota Bandar Lampung, Kepolisian Daerah Provinsi Lampung PT Bank Rakyat Indonesia, PT. Taspen, Universitas Lampung, UBL. 

Pemda Lampung Utara Serahkan Tanah Hibah untuk Kemenkumham Lampung

Bertepatan dengan Upacara HUT ke-78 Kemenkumham, dilakukan penyerahan secara resmi tanah hibah Pemerintah Daerah Lampung Utara kepada Kemenkumham Provinsi Lampung. Hal ini dalam rangka peningkatan pelayanan publik pada Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Kotabumi semakin prima.

Bupati Lampung Utara Budi Utomo mengapresiasi komitmen Kepala Kantor Imigrasi Kotabumi beserta jajaran dalam peningkatan Pelayanan Keimigrasian yang lebih baik. 

“Dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada masyarakat diperlukan sinergitas antara Pemerintah Daerah dan Kemenkumham, maka mengingat ada lokasi yang dimungkinkan dapat dihibahkan untuk memaksimalkan pelayanan. Harapannya dengan bertambahnya lahan yang dimiliki Kantor Imigrasi, Masyarakat yang awalnya ragu dengan prasarana Kanim, dapat terpenuh seluruh kebutuhannya dalam Layanan Keimigrasian,” ujar Budi Utomo. 

Kepala Kanwil Kemenkumham Provinsi Lampung Sorta Delima Lumban Tobing mengucapkan terimakasih atas respon Pemda Lampung Utara yang cepat memahami kebutuhan sarana dan prasarana dari jajaran Kemenkumham untuk dapat lebih memaksimalkan layanan terbaik kepada masyarakat. 

“Dalam hal ini pemda kabupaten Lampung Utara langsung memberikan dampak positif dengan memberikan hibah tanah kepada Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Kotabumi yang sekarang sudah naik kelas pada tahun 2022 dari kelas III menjadi kelas II,”papar Sorta. 

Tentu dengan kenaikan kelas Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Kotabumi akan menambah jumlah pegawai, pejabat hingga layanan di wilayah tersebut. Hal ini juga menjadi bukti sinergitas Kemenkumham Lampung bersama Pemda dengan realisasi hibah tanah. (*)

Editor: Redaksi
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS