Selain Nikel Ada Hasil Tambang Indonesia yang Diburu China, Apa Itu?

Yunike Purnama - Kamis, 02 Februari 2023 10:43
Selain Nikel Ada Hasil Tambang Indonesia yang Diburu China, Apa Itu?Ilustrasi tambang pasir silika (sumber: duniaenergi.com)

JAKARTA - Salah satu komoditas yang sedang naik daun di tengah ekosistem kendaraan listrik adalah nikel. Namun, ada komoditas lain yang disebut-sebut juga dapat menyaingi nikel dan saat ini sedang diburu China.

Direktur Jenderal Mineral dan Batu Bara (Minerba) Ridwan Djamaluddin menyebut, komoditas yang sedang banyak dibicarakan adalah pasir silika atau kuarsa. Ia mengaku banyak perusahaan yang mengajukan minat untuk menambang komoditas tersebut.

"Bahasa sederhana saya nikel berikutnya adalah pasir silika, peminatnya ada dari China," katanya dikutip dari TrenAsia.com jaringan Kabarsiger.com pada Kamis, 2 Februari 2023.

Komoditas ini merupakan bahan baku untuk pembuatan panel surya, hal tersebut bisa mendukung Indonesia dalam transisi energi. Ridwan mengungkap, ada beberapa perusahaan menyatakan yang minat di Bangka Belitung. Bahkan, perusahaan dari China menyatakan minat untuk menambang komoditas ini.

Perusahaan dari Tiongkok bernama Xinyi adalah perusahaan yang memasok 40% dari panel surya global. Ridwan mengatakan Xinyi telah melakukan survei lapangan dan dijadwalkan kembali untuk mengadakan pertemuan dengan Kementerian ESDM pada 6 Februari mendatang.

Namun selain itu Ridwan tak menutup kemungkinan jika ada perusahaan lokal yang juga berminat untuk menambang pasir silika. Perusahaan tersebut pun bahkan membentuk konsorsium.

"Beberapa perusahaan nasional juga sudah menyampaikan minat untuk melakukan itu bahkan beberapa berkonsorsium membentuk asosiasi sesama mereka," tandas dia.(*)

Editor: Redaksi
Tags nikelPasir SilikaBagikan
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS