Satgas Pertamina Patra Niaga Sumbagsel Jamin Ketersediaan Energi Jelang Nataru

Yunike Purnama - Rabu, 20 Desember 2023 13:32
Satgas Pertamina Patra Niaga Sumbagsel Jamin Ketersediaan Energi Jelang NataruPertamina Patra Niaga Regional Sumbagsel mengantisipasi pergerakan pemudik yang ingin merayakan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2024. (sumber: Ist)

BANDARLAMPUNG - Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagsel mengantisipasi pergerakan pemudik yang ingin merayakan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2024.

Komitmen tersebut dibuktikan dengan kembali dibentuknya Satuan Tugas (Satgas) Nataru yang melibatkan seluruh lini operasional perusahaan untuk memastikan energi yang digunakan masyarakat tetap aman dan terpenuhi. Periode Satgas Nataru Pertamina yakni sejak 15 Desember 2023 hingga 7 Januari 2024.

Area Manager Communication Relation & CSR Sumbagsel Tjahyo Nikho Indrawan mengatakan, Satgas Nataru ini dibentuk untuk memastikan kebutuhan energi seperti BBM, LPG dan Avtur di Provinsi Sumatera Bagian Selatan (sumbagsel).

"Saat masa Satgas Naru ini kami ingin memastikan ketahanan stok dalam keadaan aman, sehingga distribusi tidak terganggu dan masyarakat dapat melaksanakan perjalanan mudik libur Natal dan Tahun Baru dengan nyaman dan tenang," ungkap Nikho.

Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagsel telah menghitung proyeksi peningkatan konsumsi energi masyarakat selama masa libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024. Setidaknya akan ada peningkatan kebutuhan di Lampung sekitar 4% untuk Gasoline (bensin) dan Gasoil (solar) sekitar 0,5%.

Untuk konsumsi LPG tidak mengalami perubahan yang signifikan sedangkan untuk kebutuhan Avtur meningkat sekitar 6%,"Data tersebut seluruhnya dibandingkan dengan capaian rerata Oktober 2023," imbuhnya.

Antisipasi Kesiapan Energi Jelang Nataru

Pertamina Patra Niaga telah menyiapkan sejumlah antisipasi, seluruh infrastruktur dan sarfas juga telah disiagakan yang meliputi 10 Terminal BBM, 2 Terminal LPG, 675 SPBU, 61 SPBE, 502 Agen LPG, dan 6 DPPU.

Pertamina juga menyediakan layanan tambahan BBM di jalur potensial meliputi jalur toll, jalur wisata, dan jalur lintas utama, berupa 81 SPBU Siaga, 5.540 Outlet Pangkalan LPG Siaga, 7 unit Kiosk Pertamina Siaga, 15 unit Motorist.

Untuk menambah stok BBM di SPBU, Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagsel juga telah menyiapkan SPBU kantong dalam wujud mobil tangki yang disiagakan di sejumlah SPBU.

Ada 16 SPBU kantong dengan kapasitas mobil tanki penuh disiagakan di titik-titik SPBU yang merupakan jalur mudik maupun area wisata yang berpotensi adanya lonjakan kebutuhan.

Pertamina juga berharap mudik natal dan tahun baru dapat berjalan lancar serta pemudik juga diharapkan memperhatikan aspek keselamatan dan menggunakan BBM sesuai dengan peruntukan. (*)

Editor: Redaksi
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS