Rupiah Melemah Lawan Dolar AS, Menanti Hasil Pertemuan The Fed

Yunike Purnama - Selasa, 31 Januari 2023 11:15
Rupiah Melemah Lawan Dolar AS, Menanti Hasil Pertemuan The FedIlustrasi kurs Rupiah terhadap Dolar AS (sumber: Ismail Pohan/TrenAsia)

JAKARTA - Nilai tukar Rupiah terhadap dolar AS pada Selasa pagi turun menjelang pertemuan Bank Sentral Amerika Serikat (AS), The Fed yang akan membahas kebijakan moneternya.

Kurs rupiah pada Selasa pagi dibuka merosot 33 poin atau 0,22 persen ke posisi 15.003 per dolar AS dibandingkan posisi pada penutupan perdagangan sebelumnya 14.970 per dolar AS.

Hari ini rupiah kemungkinan masih berkonsolidasi di kisaran yang sempit," kata pengamat pasar uang Ariston dikutip Selasa, 31 Januari 2023.

Ariston mengatakan pergerakan tipis rupiah pada Senin (30/1/2023) menunjukkan pasar masih berkonsolidasi menghadapi pengumuman hasil rapat moneter The Fed yang akan dirilis pada 2 Februari 2023 dini hari.

Menurut dia, pasar menunggu pernyataan terbaru dari Gubernur Bank Sentral AS Jerome Powell terkait kebijakan moneternya ke depan.

Powell bisa jadi akan kembali menegaskan sikap The Fed yang tetap mempertahankan suku bunga tinggi untuk menekan inflasi AS.

"Pernyataan yang sangat hawkish atau mengindikasikan kenaikan suku bunga lagi bisa mendorong kembali penguatan dolar AS,"ujarnya.(*)

Editor: Redaksi
Tags the fedKurs RupiahBagikan
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS