Resensi Buku: Psikologi Perkembangan Anak, Memahami Periode Kritis dan Dinamika Kehidupan Awal

Eva Pardiana - Senin, 23 September 2024 21:18
Resensi Buku: Psikologi Perkembangan Anak, Memahami Periode Kritis dan Dinamika Kehidupan AwalResensi Buku: Psikologi Perkembangan Anak (sumber: Penerbit Erlangga Lampung)

ILMU pengetahuan senantiasa berupaya untuk menggali dan memahami kompleksitas manusia, tidak hanya dari aspek biologis, seperti kerumitan tubuh, tetapi juga dari cara manusia berpikir, bersikap, dan bertindak.

Sepanjang hidupnya, manusia mengalami perubahan yang konstan—bertumbuh, berkembang, dan beradaptasi dengan lingkungan. Namun, di balik perubahan itu, terdapat sisi stabilitas yang membedakan satu individu dengan individu lainnya. Di sinilah peran psikologi perkembangan, cabang ilmu yang secara khusus berfokus pada pemahaman mendalam tentang perkembangan manusia dari awal hingga akhir kehidupan.

Psikologi perkembangan memberikan perhatian khusus pada masa awal kehidupan, yang dianggap sebagai fase yang paling kritis. Banyak ahli sepakat bahwa periode ini, sering disebut sebagai periode emas, memiliki dampak besar terhadap perkembangan dan kesejahteraan individu di masa dewasa. Oleh karena itu, pemahaman yang tepat tentang tahap-tahap perkembangan anak menjadi sangat penting.

Buku ini dirancang untuk menyajikan bukan hanya fakta-fakta mengenai perkembangan anak, tetapi juga memberikan narasi yang menghubungkan penelitian terkini dengan perspektif praktis dan bermakna. Kami menyadari bahwa psikologi perkembangan anak adalah disiplin yang sangat dinamis, terus berkembang seiring dengan kemajuan ilmu pengetahuan. Oleh sebab itu, pembahasan dalam buku ini selalu didasarkan pada temuan-temuan terbaru, yang relevan dengan kehidupan sehari-hari.

Buku ini cocok untuk siapa saja yang ingin memperdalam pemahaman tentang perkembangan anak—baik itu orang tua, pengasuh, mahasiswa, maupun profesional di bidang psikologi. Dengan pemahaman yang komprehensif, pembaca akan mendapatkan pijakan yang solid untuk mendukung perkembangan anak secara optimal, sehingga mereka bisa tumbuh menjadi individu yang siap menghadapi tantangan masa depan.

  • Judul Buku: PSIKOLOGI PERKEMBANGAN ANAK JILID 1
  • Penulis: AKHMAD MUKHLIS
  • Harga: Rp150.000,-
  • Kode Buku : 0071500400
  • ISBN : 9786231808233
Tags Resensi BukuBagikan

RELATED NEWS