Reku Jangkau Investor Kripto di 500 Kota Indonesia

Yunike Purnama - Sabtu, 23 September 2023 15:24
Reku Jangkau Investor Kripto di 500 Kota IndonesiaCCO Reku Roby, Crypto Analyst Reku Afid Sugiono, dan COO Reku Jesse Choi. (sumber: TrenAsia/Idham Nur Indrajaya)

JAKARTA - PT Rekeningku Dotcom Indonesia (Reku) telah menjangkau investor aset kripto di 500 kota di Indonesia, dan fitur staking menjadi andalan perseroan dalam mengakuisisi nasabah serta mendorong volume transaksi.

Chief Compliance Officer (CCO) Reku Robby mengatakan, pihaknya hingga saat ini menjadi satu-satunya penyedia layanan perdagangan aset kripto yang menyediakan fitur staking.

Fitur staking ini sendiri diinisiasi oleh Reku sebagai upaya untuk mendukung pertumbuhan ekosistem kripto di Indonesia melalui inovasi produk dan layanan.

"Fitur staking telah digunakan oleh 70% pengguna dan mencatat pertumbuhan volume transaksi hingga 100% sejak Juni 2023," ujar Robby dalam acara media gathering di Prosperity Tower, Jakarta, Dikutip Sabtu, 23 September 2023.

Untuk menyediakan fitur staking ini, Reku dikatakan Robby telah melalui perjalanan yang cukup panjang, yakni sejak Juni 2022.

Bahkan, hingga saat ini, Reku pun terus melakukan koordinasi dengan Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) dalam menjalankan fitur staking ini.

Setiap ada aset kripto yang hendak didaftarkan untuk fitur staking, Reku selalu menjalin komunikasi dengan Bappebti demi memastikan keamanan dan kenyamanan pengguna.

Robby pun menegaskan bahwa Reku senantiasa memastikan keamanan operasional yang diselaraskan dengan peraturan pemerintah.

Rekut telah memperoleh sertifikasi ISO 27001 untuk melindungi keamanan pengguna, penerapan autentifikasi ganda, serta enkripsi yang memenuhi standar internasional.

"Selain itu, kami secara berkala merilis proof of reserve (PoR) yang diuji dan diaudit secara akurat. Hal ini memastikan bahwa dana dan transaksi pengguna tersimpan secara utuh dengan rasio 1:1 dan dapat diverifikasi," papar Robby.

Keamanan dan kenyamanan para pengguna pun dikatakan Robby dapat diperkuat oleh hadirnya ekosistem bursa kripto yang turut disertai dengan adanya lembaga kliring dan kustodian.

Selain menghadirkan keamanan bagi para nasabah, kehadiran bursa kripto dapat pun dapat membantu penetapan harga acuan untuk aset-aset kripto yang diperdagangkan.

Untuk mendaftar menjadi pedagang fisik aset kripto yang resmi bernaung di bawah PT Bursa Komoditi Nusantara, mekanisme yang harus dilalui pun cukup panjang.

Proses pendaftaran yang harus dilalui di antara lain penyerahan data oleh calon pedagang fisik aset kripto, validasi data, cek fisik fit, dan proper test bagi direksi dan komisaris calon pedagang, pengesahan surat persetujuan anggota bursa (SPAB).

Kemudian, bursa akan menyerahkan SPAB tersebut ke Bappebti, dan Bappebti akan melakukan validasi data, cek fisik, fit, dan proper test, sebelum akhirnya calon pedagang resmi terdaftar.(*)

Tags Investor Kripto Bagikan
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS