Rekomendasi Gerakan Sederhana Olahraga untuk Karyawan Kantoran

Yunike Purnama - Senin, 25 Desember 2023 21:16
 Rekomendasi Gerakan Sederhana Olahraga untuk Karyawan KantoranKaryawan kantoran dalam rutinitas hariannya yang penuh dengan tugas dan tanggung jawab di kantor, kesehatan fisik seringkali menjadi aspek yang terabaikan. (sumber: Ist)

BANDARLAMPUNG - Karyawan kantoran dalam rutinitas hariannya yang penuh dengan tugas dan tanggung jawab di kantor, kesehatan fisik seringkali menjadi aspek yang terabaikan. Bagi para karyawan kantoran yang terbiasa duduk berjam-jam di depan komputer, menjaga kesehatan dan kebugaran bisa menjadi tantangan tersendiri karena kurangnya waktu. 

Oleh karena itu, penting untuk menyisihkan waktu sejenak di tengah kesibukan untuk melakukan sejumlah gerakan sederhana agar dapat menjaga kesehatan tubuh.

1. Peregangan Punggung

Peregangan punggung bisa dilakukan saat duduk. Gerakan ini dapat membantu meningkatkan aliran darah dan mengurangi ketidaknyamanan di area punggung sehingga tubuh menjadi lebih fleksibel. 

2. Peregangan Kaki

Peregangan kaki bisa dilakukan secara sederhana dengan duduk dan bersandar pada kursi lalu mengangkat serta meluruskan salah satu kaki. Gerakan ini bertujuan untuk memperkuat otot kaki dan mencegah kekakuan.

3. Peregangan Badan Atas

Peregangan badan atas dapat membantu mengurangi ketidaknyamanan di area tubuh bagian atas, seperti lengan dan punggung, yang mungkin terasa setelah bekerja dalam waktu yang lama. Cukup mengangkat lengan ke atas selama 10-20 detik dan melakukan gerakan punggung ke kanan dan ke kiri hal tersebut dapat membantu mengurangi rasa nyeri tersebut.

4. Peregangan Leher

Peregangan leher sangat penting untuk mencegah kekakuan dan nyeri leher yang mungkin timbul setelah duduk dalam waktu yang cukup lama. Peregangan leher dapat dilakukan dengan menggerakkan kepala ke kanan dan ke kiri menggunakan tangan dapat membantu mencegah ketegangan pada leher selama aktivitas bekerja yang berkepanjangan.

5. Duduk-Berdiri

Duduk dan berdiri adalah aktivitas yang bisa dilakukan ketika merasa lelah setelah bekerja dalam waktu yang lama. Melakukan kegiatan tersebut diyakini dapat membantu menguatkan otot dan menjaga stabilitas tubuh.(*)

Editor: Redaksi
Bagikan
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS