Rayakan Hari Kekayaan Intelektual, Kemenkumham Lampung Gelar Ragam Kegiatan Inspiratif

Yunike Purnama - Jumat, 26 April 2024 14:38
Rayakan Hari Kekayaan Intelektual, Kemenkumham Lampung Gelar Ragam Kegiatan InspiratifKanwil Kemenkumham Lampung menggelar peringatan Hari Kekayaan Intelektual Sedunia 2024. (sumber: Yunike Purnama/Kabarsiger)

BANDARLAMPUNG - Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM Lampung menggelar peringatan Hari Kekayaan Intelektual Sedunia 2024 dengan berbagai kegiatan inspiratif mulai dari launching Program KIBER (KI Bergerak), Layanan Mobile Intellectual Property Clinic (MIC), Guru Kekayaan Intelektual (RuKI) Bergerak danPodcast Hari KI Sedunia.

Hari Kekayaan Intelektual Sedunia atau World Intellectual Property Day diperingati pada tanggal 26 April. Tujuan dari peringatan Hari Kekayaan Intelektual Sedunia adalah untuk meningkatkan kesadaran tentang paten, hak cipta, dan merek dagang.

Kepala Kanwil Kemenkumham Lampung Sorta Delima Lumban Tobing memaparkan, "Untuk tahun ini peringatan Hari Kekayaan Intelektual Sedunia mengambil tema kekayaan intelektual dan tujuan pembangunan berkelanjutan, membangun masa depan dengan inovasi dan kreativitas,"ujar Sorta saat peringatan Hari Kekayaan Intelektual Sedunia 2024 di Lapangan Kanwil Kemenkumham Lampung pada Jumat, 26 April 2024.

Kepala Kanwil Kemenkumham Lampung Sorta Delima Lumban Tobing. Foto: Yunike Purnama/Kabarsiger

"Berdasarkan data DGIP.GO.ID di Provinsi Lampung terdapat 10.728 Kekayaan Intelektual yang telah dicatatkan atau didaftarkan berupa Merek, Paten, Indikasi Geografis, Hak Cipta, Desain Industri, Rahasia Dagang, dan Desain Tata Letak Sirkuit Terpadu (DTLST),"paparnya.

Hal ini menunjukan bahwa masyarakat saat ini semakin kreatif dan inovatif dalam berkarya di era tekhnologi digital 5.0.

Kemudian, upaya Kanwil Kemenkumham Lampung dalam meningkatkan pemahaman masyarakat akan pentingnya peran Kekayaan Intelektual dalam mendorong inovasi dan kreativitas, diselenggarakan berbagai kegiatan  seperti pertama, Podcast Hari KI Sedunia yang bertema ”Peringatan Hari Kekayaan Intelektual Sedunia bagi Pembangunan Sistem KI di Tanah Air berupa Perlindungan Hak Merek Bagi Pelaku Usaha” dengan narasumber Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Lampung dan Ketua Sentra KI Universitas Tulang Bawang.

Kemudian, kegiatan Guru Kekayaan Intelektual (RuKI) Bergerak yang dilaksanakan di 2 (dua) tempat yaitu SMAN 10 Bandar Lampung dan SMKN 3 Bandar Lampung. Kegiatan RuKI ini adalah kegiatan mengajar di SMA dan SMK untuk menanamkan pengetahuan mengenai Kekayaan Intelektual sejak dini secara sederhana melalui semangat berkarya dan berinovasi.

Selanjutnya, Layanan Mobile Intellectual Property Clinic (MIC) yang merupakan Klinik Kekayaan Intelektual bergerak yang memfasilitasi layanan konsultasi, pendampingan pendaftaran, dan layanan penelusuran bagi masyakarat yang diselenggarakan di 2 tempat yaitu Tanggamus Expo Tahun 2024; dan Halaman Kantor Wilayah Kementerian Hukum  dan HAM Lampung.

KIBER (KI Bergerak), Program ini merupakan inisiasi dari Kanwil Kemenkumham Lampung untuk mendekatkan layanan ke masyarakat. Sebagaimana kita ketahui Provinsi Lampung terdiri dari 15 Kabupaten/Kota dengan jarak tempuh terjauh dari Bandar Lampung ke Kabupaten Pesisir Barat yaitu 231 KM (± 7 Jam).

"Oleh karena itu melalui KIBER kami bergerak lebih dekat ke masyarakat untuk memberikan pelayanan yang lebih optimal melalui pendampingan dan konsultasi langsung Kekayaan Intelektual,"ujarnya.

Wakil Walikota Bandar Lampung Deddy Amrullah mengapresiasi berbagai rangkaian kegiatan yang digelar Kemenkumham Lampung dalam rangka Hari Kekayaan Intelektual 2024.

"Pemkot Bandar Lampung sangat mengapresiasi seluruh rangkaian yang digelar Kemenkumham Lampung dalam rangka Hari Kekayaan Intelektual, semoga kedepan dapat lebih memberikan manfaat untuk masyarakat Bandar Lampung khususnya UMKM dalam pendaftaran merek,"ujar Deddy.

Undangan turut hadir dalam perayaan Hari Kekayaan Intelektual antara lain Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Lampung, Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Provinsi Lampung, Dinas Koperasi dan UKM Kota Bandar Lampung, Dinas Perdagangan Kota Bandar Lampung, Dinas Perindustrian Kota Bandar Lampung, Dekranasda Provinsi Lampung, Sentra Kekayaan Intelektual Universitas Lampung, Universitas Tulang Bawang, Universitas Bandar Lampung, Universitas Malahayati, Universitas Muhammadiyah Metro, Universitas Sang Bumi Ruwa Jurai, Intelektual Institut Teknologi Sumatera, Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, Universitas Teknokrat Indonesia, Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya, Bank Indonesia Perwakilan Provinsi Lampung, Bank Rakyat Indonesia Provinsi Lampung, Bank Syariah Indonesia Provinsi Lampung. (*)                 

Editor: Redaksi
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS