Ramadan Makin Produktif, Kenalan Fungsi dan Tugas Kemenkumham Lampung Lewat NGOBRAS "Ngobrol Santai"

Yunike Purnama - Selasa, 19 Maret 2024 21:16
Ramadan Makin Produktif, Kenalan Fungsi dan Tugas Kemenkumham Lampung Lewat NGOBRAS "Ngobrol Santai"Ciptakan momen bulan Ramadan 1445 H/2024 lebih produktif Kanwil Kemenkumham menggelar NGOBRAS (Ngobrol Santai) (sumber: Yunike Purnama/Kabarsiger)

BANDARLAMPUNG -  Ciptakan momen bulan Ramadan 1445 H/2024 lebih produktif Kantor Wilayah Kemenkumhan Provinsi Lampung menggelar NGOBRAS (Ngobrol Santai) bertemakan Perkuat Sinergi dan Kolaborasi yang Semakin PASTI dan BerAKHLAK untuk Kinerja Kemenkumham Lampung Berdampak.

Kegiatan berlangsung di Griya Abhipraya Jl Ryacudu, Way Huwi, Bandar Lampung pada Selasa, 19 Maret 2024 dan dihadiri dihadiri oleh Pimti Pratama serta Kepala UPT Jajaran Kanwil Kemenkumham Lampung, Danramil Jatiagung, Kapolsek Jatiagung, Kapolsek Sukarame, Perwakilan Organisasi Bantuan Hukum dan Badan Eksekutif Mahasiswa dari Kampus wilayah Bandar Lampung,

Dalam rangkaian kegiatan NGOBRAS sekaligus buka bersama ini menghadirkan pembicara inspratif langsung dari perwakilan Divisi Administrasi, Divisi Pemasyarakatan, Divisi Keimigrasian serta Divisi Pelayanan Hukum dan HAM. Sesi ngobrol ini diperuntukan untuk mengenal tugas dan fungsi setiap Divisi.

Kepala Kanwil Kemenkumham Lampung Sorta Delima Lumban Tobing. Foto: Yunike/Kabarsiger

Kepala Kanwil Kemenkumham Lampung Sorta Delima Lumban Tobing mengatakan, kegiatan  ngobrol santai ini dimaksudkan untuk menjalin tali silaturahmi, memperkuat sinergitas, buka bersama sekaligus mengenalkan tugas dan fungsi Kementerian Hukum dan HAM RI yang mungkin selama ini hanya dikenal sebatas dengan pemasyarakatan dan keimigrasian.

“Kami berharap semakin kami dikenal, semakin dipahami fungsi dari Kemenkumham, maka masyarakat semakin aktif dan proaktif untuk mendatangi dan mencari kebutuhannya di Kemenkumham. Karena pastilah Kemenkumham ini bersinggungan langsung dengan kehidupan sehari-hari masyarakat pada umumnya. Sejak lahir hingga meninggal pasti ada bersinggungan dengan hukum dan HAM,”ujar Sorta.

Selain pemasyarakatan dan keimigrasian, Kementerian Hukum dan HAM juga menjalankan tugas dan fungsi lain diantaranya turut serta dalam pembentukan produk hukum daerah, pelayanan hukum publik seperti layanan Kekayaan Intelektual, layanan Administrasi Hukum Umum yang di dalamnya ada banyak jenisnya, penyuluhan hukum kepada masyarakat umum.

Kemudian bantuan hukum gratis untuk orang miskin melalui mitra Organisasi Bantuan Hukum yang sudah terverifikasi dan terakreditasi sebagai upaya negara dalam memenuhi hak warga negaranya dalam kebutuhan akses terhadap keadilan (acces to justice) dan persamaan di hadapan hukum (equality before the law), serta layanan Hak Asasi Manusia.

Sesi selanjutnya merupakan sesi diskusi/ ngobrol bareng teman-teman perwakilan Divisi Administrasi, Divisi Pemasyarakatan, Divisi Keimigrasian serta Divisi Pelayanan Hukum dan HAM. Sesi ngobrol ini diperuntukan untuk mengenal tugas dan fungsi setiap Divisi.

Seperti halnya divisi Administrasi yang merupakan fasilitator bagi kegiatan yang ada di kantor wilayah, Divisi Pelayanan Hukum dan HAM yang memberikan pelayanan seperti Apostille, Perseroan Perorangan, hingga berbagai Hak Kekayaan Intelektual.

Panitia juga menyiapkan sesi tanya jawab dan pemberian Dorprize oleh Kakanwil kepada peserta yang aktif menyimak dan memberikan jawaban yang benar. Kegiatan ditutup dengan Kultum dan buka bersama dengan para tamu undangan. (*)

Editor: Redaksi
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS