Puluhan Personel Polisi Dikerahkan untuk Amankan Pemilu di Bandar Lampung

Eva Pardiana - Sabtu, 03 Februari 2024 16:32
Puluhan Personel Polisi Dikerahkan untuk Amankan Pemilu di Bandar LampungPolresta Bandar Lampung menggelar apel kesiapan lebih dari 500 personel untuk mengamankan Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang tersebar di seluruh wilayah Kota Bandar Lampung pada Sabtu (3/2/2024) pagi. (sumber: Dok. Polresta Bandar Lampung)

BANDAR LAMPUNG – Dalam upaya menjamin kelancaran dan keamanan Pemilihan Umum (Pemilu) Tahun 2024 di Kota Bandar Lampung, Polresta Bandar Lampung menggelar apel kesiapan lebih dari 500 personel untuk mengamankan Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang tersebar di seluruh wilayah Kota Bandar Lampung pada Sabtu (3/2/2024) pagi.

Kapolresta Bandar Lampung, Kombes Pol Abdul Waras, yang memimpin apel kesiapan ini, menjelaskan bahwa kegiatan tersebut bertujuan untuk memastikan kesiapan personel dalam melaksanakan tugas pengamanan di TPS. Hal ini dilakukan agar proses pemungutan suara dapat berlangsung dengan aman.

"Kegiatan ini bertujuan mengecek kesiapan personel terkait pengamanan dan lokasi TPS yang akan dijaga," ungkap Kombes Pol Abdul Waras saat diwawancara oleh awak media.

Lebih lanjut, Kombes Pol Abdul Waras menekankan bahwa kesiapan personel sejak awal memungkinkan mereka untuk meninjau lokasi TPS dan berkomunikasi dengan perangkat TPS. Hal ini diharapkan dapat menciptakan kondisi aman dan kondusif selama proses pemungutan suara.

Polresta Bandar Lampung mendistribusikan 502 personel untuk mengamankan 2880 TPS di seluruh wilayah Kota Bandar Lampung. Pola pengamanan yang diterapkan adalah 2 personel Polri per 12 TPS, dibantu oleh 24 petugas linmas untuk TPS yang dianggap kurang rawan. Sementara untuk TPS yang dianggap rawan, pola pengamanan adalah 2 personel Polri dan 2 linmas untuk setiap TPS.

Selain itu, Polresta Bandar Lampung juga menyiagakan 150 personel satuan tugas untuk melakukan kegiatan monitoring dan patroli selama proses pemungutan suara. Acara ini juga dihadiri oleh Waka Polresta Bandar Lampung, para pejabat utama, dan kapolsek jajaran. (WAN)

Editor: Eva Pardiana

RELATED NEWS