PTPN I Regional 7 Bantu Warga Terdampak Banjir Bandang Tanggamus

Eva Pardiana - Sabtu, 09 Desember 2023 00:01
PTPN I Regional 7 Bantu Warga Terdampak Banjir Bandang TanggamusPTPN I Regional 7 (sebelumnya bernama PTPN VII) mengirim bantuan pangan, kepada warga terdampak banjir bandang Tanggamus pada Jumat (8/12/23). (sumber: Dok. PTPN I Regional 7)

BANDAR LAMPUNG – Banjir bandang yang menimpa empat Kecamatan di Kabupaten Tanggamus pada Sabtu, 25 November 2023 lalu membuat warga berduka. Sebagai bentuk kepedulian dan tanggung jawab sosial, PTPN I Regional 7  mengirim bantuan pangan, Jumat (8/12/2023).

Bantuan berupa beras, gula kristal putih, dan mi instan itu diantarkan langsung oleh Manajer Unit Way Lima Sasmika DS dan Manajer Unit Way Berulu Rusman Ali Yusuf bersama tim. Secara simbolis, tiga jenis bahan logistik pangan itu diterima Kepala Dinas Sosial Kabupaten Tanggamus Muzlina Rusli di kantornya.

Pada pengantar singkatnya, Sasmika mewakili Manajemen menyampaikan bahwa _Board of Regional Management_ PTPN I Regional 7 menyatakan turut prihatin dengan bencana yang dialami warga. Sebagai bentuk nyata dari sikap prihatin itu, kata Sasmika, Manajemen mengalokasikan dana Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) untuk penyediaan beberapa kebutuhan pangan guna membantu masyarakat yang mengalami bencana. 

“Atas nama Manajemen PTPN I Regional 7 kami menyampaikan turut prihatin. Semoga bencana ini tidak terulang kembali dan menjadi hikmah untuk kita semua. Untuk itu, kami membawa amanat dari perusahaan untuk menyampaikan bantuan ini. Semoga bisa sedikit meringankan kesulitan saudara-saudara kita yang terkena dampak,” kata Sasmika yang juga Ketua Umum Serikat Pekerja PTPN I Regional 7 ini.

Tentang bantuan yang diberikan, Manajer Unit Way Berulu Rusman Ali Yusuf menjelaskan, sebagai bagian dari BUMN, Manajemen PTPN I Regional 7 memiliki tanggung jawab dan memberi perhatian terhadap kondisi masyarakat sekitar, terlebih warga terdampak bencana. 
“Kami mohon maaf karena baru saat ini bisa mengantar bantuan ini. Sebab, kami perlu memastikan dulu seperti apa kondisi lapangan atau tempat bencana itu terjadi dan apa yang paling dibutuhkan,” kata Rusman.

Rusman melanjutkan, pihaknya mengirim bantuan berupa bahan pangan untuk antisipasi dampak dari bencana. Sebab, kata dia, masa pemulihan pasca banjir bandang membutuhkan waktu yang relatif lama dan pemenuhan kebutuhan pangan harus menjadi prioritas.

“Kami yakin sewaktu tanggap darurat kemarin Dinas Sosial sudah langsung mengirim bantuan. Namun, biasanya selepas banjir itu masyarakat kita belum pulih sementara untuk kebutuhan logistik pangan harus tetap dicukupi. Semoga bantuan ini membantu,” kata dia.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Tanggamus Muzlina Syukri atas nama warga yang terdampak menyampaikan terima kasih atas bantuan ini. Ia menginformasikan, banjir bandang yang terjadi di akhir pekan itu melanda beberapa desa di Kecamatan Cukuh Balak, Pematang Sawa, Wonosobo, dan Semaka.

Akibat bencana itu, ratusan rumah dan beberapa fasilitas umum seperti jembatan dan fasilitas lain rusak. Bencana itu juga merugikan masyarakat karena tanaman, ternak, dan berbagai bentuk harta benda juga mengalami kerusakan. Oleh karena itu, masyarakat sangat membutuhkan bantuan dari berbagai pihak untuk meringankan masalah.

“Atas nama warga yang terdampak dan Pemkab. Tanggamus kami menyampaikan terima kasih kepada PTPN I Regional 7 yang telah peduli dan tanggap dengan bencana ini. Bantuan ini akan kami jaga dan segera salurkan. Kami juga masih sangat mengharapkan bantuan lain dari semua pihak,” kata dia. (*)

Editor: Eva Pardiana
Tags PTPN I Regional 7Bagikan

RELATED NEWS