Program Unggulan KNEKS Dorong Industri Keungan Syariah di 2023

Yunike Purnama - Jumat, 25 November 2022 06:13
Program Unggulan KNEKS Dorong Industri Keungan Syariah di 2023Ilustrasi layanan teller BSI. (sumber: Panji Asmoro/TrenAsia)

JAKARTA - Komite Nasional Keuangan Syariah (KNEKS) menyiapkan sejumlah program prioritas 2023 untuk mendorong pertumbuhan dan perkembangan industri keuangan syariah di Indonesia. 

Direktur Bisnis dan Kewirausahaan KNEKS Putu Rahwidhiyasa mengatakan, salah satu yang menjadi fokus tahun depan yaitu melakukan penguatan dan pengembangan industri perbankan syariah.

"Dalam hal ini melalui kegiatan workshop penguatan bisnis syariah Bank Pembangunan Daerah (BPD), kemudian monitoring proses konversi dan spin off BPD,"paparnya dikutip Jumat, 25 November 2022.

Selajutnya, KNEKS meminta industri keuangan syariah melakukan inovasi produk dan layanan keuangan syariah (sukuk daerah). Dengan menerbitkan peraturan pemerintah terkait sukuk daerah. Lalu memberikan dorongan penerbitan sukuk daerah oleh pemerintah provinsi.

Selain itu, KNEKS memiliki program prioritas yaitu kerja sama pemerintah dengan badan usaha (KPBU) syariah.

Pihaknya juga akan memperkuat layanan syariah jaminan sosial ketenagakerjaan melalui penimplementasian layanan syariah jamsosnaker secara nasional, dan akan mensosialisasikan layanan syariah jamsosnaker kepada pemberi kerja.

"Program prioritas terkahir, KNEKS akan hadirkan islamic investment bank. Di dalamnya terdapat dorongan regulasi perusahaan efek syariah, dan implementasi model islamic investment bank dalam bentuk perusahaan efek syariah pertama di Indonesia," pungkasnya. (*)

Editor: Redaksi
Tags KNEKSBagikan
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS