Program Magang Berkarya "GAYA" Ciptakan SDM Berwawasan di PTPN IV dan PTPN I Regional 7

Eva Pardiana - Rabu, 09 Oktober 2024 20:14
Program Magang Berkarya "GAYA" Ciptakan SDM Berwawasan di PTPN IV dan PTPN I Regional 7Program Magang Berkarya "GAYA" Ciptakan SDM Berwawasan di PTPN IV dan PTPN I Regional 7 (sumber: Dok. PTPN IV dan PTPN I Regional 7)

BANDAR LAMPUNG – Sebanyak 31 sarjana fresh graduate dari berbagai perguruan tinggi mendapatkan kesempatan untuk magang di PTPN IV dan PTPN I Regional 7, yang merupakan anak usaha dari PTPN III (Persero), melalui program Magang Berkarya "GAYA". Program ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan, perilaku, dan sikap kerja melalui praktik kerja langsung.

Program GAYA ini merupakan angkatan kedua yang dilaksanakan di Regional 7, setelah sukses di angkatan pertama pada tahun 2023. Tujuan utama dari program ini adalah mendukung program pemerintah dalam menciptakan tenaga kerja nasional yang unggul melalui pemberian wawasan, keterampilan, dan pengalaman kerja.

Dari total 323 pelamar magang, 31 peserta terpilih setelah melewati serangkaian tahapan seleksi, termasuk seleksi administrasi, tes tertulis, dan wawancara. Dari peserta yang lolos, 26 orang akan bertugas di PTPN IV Regional 7 dan 5 orang di PTPN I Regional 7.

Program ini akan berlangsung selama tiga bulan dan pelaksanaannya akan dievaluasi secara berkala. “Kami mengucapkan selamat kepada peserta magang yang telah berhasil lolos untuk menjalani magang di PTPN Regional 7,” ungkap Denny Ramadhan, Region Head PTPN IV Regional 7, saat membuka acara pembekalan di ruang Harmonis pada Selasa (1/10/2024).

Denny Ramadhan menambahkan bahwa program GAYA diharapkan dapat meningkatkan kompetensi SDM untuk menghadapi persaingan global serta melahirkan ide-ide baru sebagai alternatif penyelesaian pekerjaan. Ia menyadari betapa sulitnya mencari pekerjaan di era saat ini, dan berharap program ini dapat membantu para pencari kerja, khususnya generasi muda, untuk meningkatkan keterampilan mereka menghadapi tantangan di masa depan.

Ia juga berharap agar pembekalan yang dilanjutkan dengan pelaksanaan magang diikuti dengan baik, sehingga peserta dapat mempelajari cara kerja yang sesungguhnya. “Dunia kerja berbeda dengan dunia pendidikan. Oleh karena itu, penting untuk belajar disiplin, menjalankan proses bisnis sesuai dengan SOP, instruksi kerja, dan peraturan yang berlaku, serta menambah ilmu dan wawasan melalui program ini,” jelasnya.

Sementara itu, Bambang Eko Prasetyo, SEVP Business Support PTPN IV Regional 7, menjelaskan bahwa banyak perusahaan saat ini kesulitan menemukan pekerja dengan keterampilan yang memadai. Ia berharap program ini dapat menciptakan sinergi antara dunia pendidikan dan industri, sehingga menghasilkan generasi pekerja yang produktif untuk menyambut Indonesia Emas.

“Magang ini juga menjadi sarana rekrutmen tenaga kerja yang profesional. Ini adalah kesempatan baik bagi peserta untuk magang di perusahaan perkebunan terbesar di Indonesia, PalmCo. Saya meminta kepada para sarjana yang mengikuti program magang ini agar memanfaatkan kesempatan ini sebaik-baiknya,” tutupnya. (*)

Bagikan

RELATED NEWS